PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LIVEWORKSHEET PADA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SD

Silvia Yuniati, Liza Murniviyanti, Mega Prasrihamni

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah  mengembangkan E-LKPD berbasis liveworksheet sehubungan pembelajaran menulis puisi Siswa SD Tingkat IV memiliki nilai, efektivitas praktis dan potensi. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan. Proses pengembangan menggunakan tahapan model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). Hasil validasi produk E-LKPD ahli media mendapatkan presentase sebesar 100%, validasi materi mendapatkan presentase 94,2% sedangkan validasi ahli bahasa mendapatkan 97,5%, sehingga E-LKPD terkategori sangat valid dengan revisi. Hasil Praktis angket respon guru mendapatkan 92%, lalu siswa secara small group sebanyak 12 siswa sebesar 93,88%, sedangkan one group sebanyak 19 siswa mendapatkan presentase 92,80%, jika disimpulkan maka mendapatkan 92,89% sehingga E-LKPD berbasis liveworksheet yang dikembangkan oleh peneliti terkategori praktis. Pada hasil post-test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dengan jumlah 31 responden dengan nilai rata-rata 9,03. Berdasarkan hasil tersebut E-LKPD berbasis liveworksheet berpotensi efek potensial digunakan untuk pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar.

Keywords


E-LKPD, Liveworksheet, Menulis Puisi.

Full Text:

PDF

References


Amella, D. J., & Muzakki, A. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Cerita Bergambar Digital Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 216-232.

Apertha, F. K., Zulkardi, & Yusup, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Probelem Pada Materi Segiempat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 47-62.

Jannah, R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Mobile Learning dengan menggunakan Adobe Flash Cs 6 Siswa Kelas XI MAN 2 Padang. Natural Science Journal(3 (2)), 429-437.

Lioba, T., Yuniasih, N., & Nita, C. I. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Aplikasi Liveworksheets Pada Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Kebonsari 4 Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 307-313.

Panesti, D. P., Ferdiansyah, M., & Surmilasari, N. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Scientific Pada Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas III SD. INNOVATIVE, 2(1), 214-223.

Prastika, Y., & Masniladevi. (2021). Pengembangan E-LKPD Interaktif Segi Banyak Beraturan Dan Tidak Beraturan Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kela IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2601-2614.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. yogyakarta: DIVA Press.

Puspita , V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cindikia : Jurnal Pendidikan Matematika, 86-96.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan:(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v5i2.3494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.