PENGEMBANGAN VIDEO NARATIF UNTUK KEMAMPUAN BERCERITA PADA SISWA TAMAN KANAK-KANAK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan video naratif untuk kemampuan bercerita pada siswa taman kanak-kanak. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan metode Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE. Dengan model pengembangan ADDIE maka penelitian dilakukan melalui tahap-tahap (1) Analyze, (2) Design, (3) Develop, (4) Implement, dan (5) Evaluate. Penelitian ini di TKIT Permata Hati kelompok B dengan partisipan 25 orang siswa. Produk yang dikembangkan sudah di validasi secara materi, desain dan media oleh 6 orang validator ahli di bidangnya. Hasil validasi materi secara keseluruhan memperoleh hasil “sangat valid”, validasi media memperoleh hasil “sangat valid” dan validasi desain juga memperoleh hasil “sangat valid”. Hasil pengujian di lapangan melalui uji satu-satu, uji kelompok kecil dan uji kelompok besar secara keseluruhan memperoleh hasil “Berkembang Sesuai harapan”. Hasil uji efektivitas yang dilakukan memperoleh rata-rata penilaian memahami bahasa reseptif menyimak dan membaca, memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan), bahasa secara verbal dan nonverbal, mengenal keaksaraan awal sebelum menggunakan produk sebesar 30 sedangkan hasil pengukuran rata-rata sesudah menggunakan produk sebesar 91. Dengan dk (derajat kebebasan) 48 dan taraf kesalahan yang digunakan 5% (0,05) diperoleh 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,010. Diketahui 𝑡𝑜 = -16,11 atau 16,11 dan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,010, maka 𝑡𝑜 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙. Dengan ketentuan bilamana 𝑡𝑜 ≥ 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 maka 𝐻0 ditolak artinya terdapat perbedaan signifikan dari hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan video naratif tentang proses terjadinya kupu-kupu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aghnaita, 2014. Jurnal Pengembangan Fisik
Motorik anak 4-5 tahun pada permendikbud no 137 (Kajian konsep perkembangan Anak)
Aina Mulyana, Pendidikan
kewarganegaraan, (KaryaIlmiah, 2016 )h. 3 dan 5
Anderson, M. (1997). Text Type in English
Australia: Macmillan.
Arifin, Zainal, 2011. Evaluasi
Pembelajaran, Prinsip, Teknik, Prosedur, (Bandung : PT RemajaRosdakarya ,)
Arikunto,Suharsimi,2002 Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (jakarta: PT.Rineka Cipta,)
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran.
Jakarta: PT Raja Grafindo.
B.Hurlock ,Elizabetz, 1978. Perkembangan
Anak,(Jakarta : Erlangga ,)
Bambang Sujiono dkk,Modul 1, Hakikat
Perkembangan Motorik Anak
Brickman, 1987 philip pendoman
pelaksanaan kelompok bermain, Departemen pendidik anak usia dini.
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenuddin, A.
(2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon (Vol. 3). Al Ibtida.
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (n.d.). E-
learning and the science of instruction : proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning.
Cowl, J., Joule, N., Levenson, R., & Health
Rights and GLACHC. (1993). A Health Service for London. One Year On.
Depdiknas. (2005). KUrikulum 2004 Standar
Kompetensi TK dan RA. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Donal, R., Cruickshank, Bainer, Jenkins, &
Kim, M. K. (2006). The Act of Teaching Fourth Edition. Boston: McGraw Hill.
Dr.Dadan Suryana 2016. Pendidikan Anak
Usia Dini Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak, (Jakarta :Kencana , November),
Drs.Encep Sudirjo dan Muhamamd Nur Alif,
Pertumbuhan dan perkembangan Motorik, (Sumedang Jawa barat :UPI Sumedang Press,)
E-Mulyasa, 2005, Menjadi Guru Propesional,
Bandung: Rosdakarya,
Encep Sudirjo dan Muhamamad Nur Alif,
Pertumbuhan dan perkembangan Motorik, (Sumedang Jawa barat :UPI Sumedang Press, 2018)
Fauziddin, M., & Mufarizuddin. (2018).
Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education (Vol. 2). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Fuad, Zainul, Muhammad, Pengembangan
Bahan Ajar Matematika Berintegrasi Life Skill Pada Materi Bangun Ruang, (Tulungagung, 2013)
Francis Glebas, 2009. Directing the Story
Professional Storytelling and Storyboarding Techniques for Live Action and Animation
Habibatullah, S., Darmiyanti, A., & Aisyah,
D. S. (2021). Potensi Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita (Vol. 4). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Hagen, R., & Golombisky, K. (2017). White
Space is Not Your Enemy. A Beginner’s guide to Communicating Visually through Graphic, Web & Multimedia Design. White Space Is Not Your Enemy.
Hapidin, & dkk. (2009). Manajemen
Pendidikan TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hawi, Akmal, 2013, kopetensi guru PAI ,
Jakarta: PT Raja grafindo persada
Husamah dkk, 2013, Desain Pembelajaran
Berbasis Pencapaian Kompetensi, (Cetakan Pertama, Prestasi Pustaka Publisher.
Hutchinson, E. (2005). Narrative Writing.
United States of America: Saddleback Educational Publishing.
Ilham, Mughnifar. 2020. Pengertian Video –
Jenis-Jenis dan Fungsi Video. https://materibelajar.co.id/pengertian-video/
Karmila, M. (t.thn.). Pengaruh Metode
Bercerita dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional (Vol. 7). Jurnal Pendidikan Usia Dini.
Kustandi, Media Pembelajaran Manual dan
Digital Edisi Kedua, Bogor: Ghalia Indonesia, 2013: 64
Laming, H. (1985). Lessons from America:
the Balance of Services in Social Care.
Mering, A. (2020). Pengembangan Instrumen
Penilaian dan Penelitian. Pontianak: IAIN Pontianak Press.
Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media
Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar (Vol. 1). Jurnal Kwangsan.
Nasution, N., & Suryanto, A. (2002).
Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Neo, E. (2005). Narrative for 'O' Level.
Singapore : Longman.
Nk, R. (1986). Masalah-Masalah Ilmu
Keguruan. Jakarta: Bima Aksara.
Philip, B. (1987). Pendoman Pelaksanaan
Kelompok Bermain. Departemen Pendidikan Anak Usia Dini.
Polkinghorne, D. (1991). Narrative and Self-
concept. University of Southern California: Lawrencc Eribaurn Associates.
Reigeluth, C. M. (1983). Instructional Design
Theories and Models: An Overview of Their Current Status. London: Lawrence Erlbaum Associate .
Ross Berger, 2020. Dramatic Storytelling &
Narrative Design A Writer’s Guide to Video Games and Transmedia
S.Margono, Metode Penelitian Pendidikan
(Jakarta :RinekaCipta 2005) h.23
Karya ilmiah penelitian yang dibuat oleh
Fitra mega kurniawan, Universitas negeri Yongyakarta yang berjuadul “PengembanganAplikasi media Pembelajaran Resistor menggunakan Augmented Reality BerbasisAndroid“ 2017,h. 33
Sadiman, & Arif, S. (2009). Media
Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sagala, S. (2005). Konsep dan Makna
Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slavka. (2009). Narrative Theories and
Narrative Discourse (Vol. 2). Bulletin of The Transilvania University of Brasov.
Sukiman, Pengembangan Media
Pembelajaran, Yogyakarta: Pedagogia, 2012: 187-188
Sumiharsono, M. R., & Hasanah, H. (2018).
Media Pembelajaran. Jawa Timur: Pustaka Abadi.
Suryadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak
Usia Dini dalam Kajian Neurosains. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, & Ahmad. (2015). Bimbingan dan
Konseling di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tryanto. (2007). Model-Model Pembelajaran
Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wandah Wibawanto. (2017). Desain dan
Pemrograman Media Pembelajaran Interaktif. 4(1), 174.
Wijana, W. D. (t.thn.). Konsep Dasar
Pendidikan Anak Usia Dini. PAUD 4409 / Modul 1 Kurikulum PAUD.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v5i2.3400
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Journal of Educational Review and Research
e-ISSN : 2597-9760
p-ISSN : 2597-9752
Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263
Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JERR IS INDEXED BY