PENGEMBANGAN VIDEO NARATIF UNTUK KEMAMPUAN BERCERITA PADA SISWA TAMAN KANAK-KANAK

Umi Hayati, Indri Astuti, Aunurrahman Aunurrahman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan video naratif untuk kemampuan bercerita pada siswa taman kanak-kanak. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan metode Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE. Dengan model pengembangan ADDIE maka penelitian dilakukan melalui tahap-tahap (1) Analyze, (2) Design, (3) Develop, (4) Implement, dan (5) Evaluate. Penelitian ini di TKIT Permata Hati kelompok B dengan partisipan 25 orang siswa. Produk yang dikembangkan sudah di validasi secara materi, desain dan media oleh 6 orang validator ahli di bidangnya. Hasil validasi materi secara keseluruhan memperoleh hasil “sangat valid”, validasi media memperoleh hasil “sangat valid” dan validasi desain juga memperoleh hasil “sangat valid”. Hasil pengujian di lapangan melalui uji satu-satu, uji kelompok kecil dan uji kelompok besar secara keseluruhan memperoleh hasil “Berkembang Sesuai harapan”. Hasil uji efektivitas yang dilakukan memperoleh rata-rata penilaian memahami bahasa reseptif menyimak dan membaca, memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan), bahasa secara verbal dan nonverbal, mengenal keaksaraan awal sebelum menggunakan produk sebesar 30 sedangkan hasil pengukuran rata-rata sesudah menggunakan produk sebesar 91. Dengan dk (derajat kebebasan) 48 dan taraf kesalahan yang digunakan 5% (0,05) diperoleh 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,010. Diketahui 𝑡𝑜 = -16,11 atau 16,11 dan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,010, maka 𝑡𝑜 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙.  Dengan ketentuan bilamana 𝑡𝑜 ≥ 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 maka 𝐻0 ditolak artinya terdapat perbedaan signifikan dari hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan video naratif tentang proses terjadinya kupu-kupu.


Keywords


Pengembangan, Video Naratif, Kemampuan Bercerita

Full Text:

PDF

References


Aghnaita, 2014. Jurnal Pengembangan Fisik

Motorik anak 4-5 tahun pada permendikbud no 137 (Kajian konsep perkembangan Anak)

Aina Mulyana, Pendidikan

kewarganegaraan, (KaryaIlmiah, 2016 )h. 3 dan 5

Anderson, M. (1997). Text Type in English

Australia: Macmillan.

Arifin, Zainal, 2011. Evaluasi

Pembelajaran, Prinsip, Teknik, Prosedur, (Bandung : PT RemajaRosdakarya ,)

Arikunto,Suharsimi,2002 Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (jakarta: PT.Rineka Cipta,)

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran.

Jakarta: PT Raja Grafindo.

B.Hurlock ,Elizabetz, 1978. Perkembangan

Anak,(Jakarta : Erlangga ,)

Bambang Sujiono dkk,Modul 1, Hakikat

Perkembangan Motorik Anak

Brickman, 1987 philip pendoman

pelaksanaan kelompok bermain, Departemen pendidik anak usia dini.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenuddin, A.

(2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon (Vol. 3). Al Ibtida.

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (n.d.). E-

learning and the science of instruction : proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning.

Cowl, J., Joule, N., Levenson, R., & Health

Rights and GLACHC. (1993). A Health Service for London. One Year On.

Depdiknas. (2005). KUrikulum 2004 Standar

Kompetensi TK dan RA. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Donal, R., Cruickshank, Bainer, Jenkins, &

Kim, M. K. (2006). The Act of Teaching Fourth Edition. Boston: McGraw Hill.

Dr.Dadan Suryana 2016. Pendidikan Anak

Usia Dini Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak, (Jakarta :Kencana , November),

Drs.Encep Sudirjo dan Muhamamd Nur Alif,

Pertumbuhan dan perkembangan Motorik, (Sumedang Jawa barat :UPI Sumedang Press,)

E-Mulyasa, 2005, Menjadi Guru Propesional,

Bandung: Rosdakarya,

Encep Sudirjo dan Muhamamad Nur Alif,

Pertumbuhan dan perkembangan Motorik, (Sumedang Jawa barat :UPI Sumedang Press, 2018)

Fauziddin, M., & Mufarizuddin. (2018).

Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education (Vol. 2). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Fuad, Zainul, Muhammad, Pengembangan

Bahan Ajar Matematika Berintegrasi Life Skill Pada Materi Bangun Ruang, (Tulungagung, 2013)

Francis Glebas, 2009. Directing the Story

Professional Storytelling and Storyboarding Techniques for Live Action and Animation

Habibatullah, S., Darmiyanti, A., & Aisyah,

D. S. (2021). Potensi Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita (Vol. 4). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Hagen, R., & Golombisky, K. (2017). White

Space is Not Your Enemy. A Beginner’s guide to Communicating Visually through Graphic, Web & Multimedia Design. White Space Is Not Your Enemy.

Hapidin, & dkk. (2009). Manajemen

Pendidikan TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hawi, Akmal, 2013, kopetensi guru PAI ,

Jakarta: PT Raja grafindo persada

Husamah dkk, 2013, Desain Pembelajaran

Berbasis Pencapaian Kompetensi, (Cetakan Pertama, Prestasi Pustaka Publisher.

Hutchinson, E. (2005). Narrative Writing.

United States of America: Saddleback Educational Publishing.

Ilham, Mughnifar. 2020. Pengertian Video –

Jenis-Jenis dan Fungsi Video. https://materibelajar.co.id/pengertian-video/

Karmila, M. (t.thn.). Pengaruh Metode

Bercerita dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional (Vol. 7). Jurnal Pendidikan Usia Dini.

Kustandi, Media Pembelajaran Manual dan

Digital Edisi Kedua, Bogor: Ghalia Indonesia, 2013: 64

Laming, H. (1985). Lessons from America:

the Balance of Services in Social Care.

Mering, A. (2020). Pengembangan Instrumen

Penilaian dan Penelitian. Pontianak: IAIN Pontianak Press.

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media

Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar (Vol. 1). Jurnal Kwangsan.

Nasution, N., & Suryanto, A. (2002).

Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Neo, E. (2005). Narrative for 'O' Level.

Singapore : Longman.

Nk, R. (1986). Masalah-Masalah Ilmu

Keguruan. Jakarta: Bima Aksara.

Philip, B. (1987). Pendoman Pelaksanaan

Kelompok Bermain. Departemen Pendidikan Anak Usia Dini.

Polkinghorne, D. (1991). Narrative and Self-

concept. University of Southern California: Lawrencc Eribaurn Associates.

Reigeluth, C. M. (1983). Instructional Design

Theories and Models: An Overview of Their Current Status. London: Lawrence Erlbaum Associate .

Ross Berger, 2020. Dramatic Storytelling &

Narrative Design A Writer’s Guide to Video Games and Transmedia

S.Margono, Metode Penelitian Pendidikan

(Jakarta :RinekaCipta 2005) h.23

Karya ilmiah penelitian yang dibuat oleh

Fitra mega kurniawan, Universitas negeri Yongyakarta yang berjuadul “PengembanganAplikasi media Pembelajaran Resistor menggunakan Augmented Reality BerbasisAndroid“ 2017,h. 33

Sadiman, & Arif, S. (2009). Media

Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sagala, S. (2005). Konsep dan Makna

Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slavka. (2009). Narrative Theories and

Narrative Discourse (Vol. 2). Bulletin of The Transilvania University of Brasov.

Sukiman, Pengembangan Media

Pembelajaran, Yogyakarta: Pedagogia, 2012: 187-188

Sumiharsono, M. R., & Hasanah, H. (2018).

Media Pembelajaran. Jawa Timur: Pustaka Abadi.

Suryadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak

Usia Dini dalam Kajian Neurosains. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, & Ahmad. (2015). Bimbingan dan

Konseling di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tryanto. (2007). Model-Model Pembelajaran

Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wandah Wibawanto. (2017). Desain dan

Pemrograman Media Pembelajaran Interaktif. 4(1), 174.

Wijana, W. D. (t.thn.). Konsep Dasar

Pendidikan Anak Usia Dini. PAUD 4409 / Modul 1 Kurikulum PAUD.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v5i2.3400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.