ANALISIS KESALAHAN PELAFALAN BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH DASAR

Miftah Nurul Annisa, Dayu Retno Puspita, Ina Magdalena

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesalahan pelafalan bahasa inggris di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian diawali dengan merumuskan masalah penelitian, menelusuri hasil penelitian yang relevan untuk dianalisis dan diolah datanya. Pengumpulan data dilakukan di sekolah dasar dengan populasi 26 siswa. Data diperoleh dari hasil skor tes lisan yang dilakukan oleh 26 siswa di salah satu sekolah dasar negeri di kota Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan masih terdapat 8 orang siswa dari total 26 siswa yang memperoleh skor di bawah KKM (65). Siswa masih mengucapkan kosakata atau kalimat seperti tulisan pada bacaan & siswa masih terlihat bingung tentang bagaimana cara melafalkan dengan benar, kesalahan ini membuat berubahnya bunyi suara saat siswa melafalkan kata/kalimat, perubahan bunyi suara dapat berupa hilangnya atau berubahnya huruf vokal maupun konsonan dalam sebuah kata, beberapa kata yang membuat siswa salah atau merasa kesulitan dalam pelafalannya antara lain cupboard; dining; frying pan; toothbrush; have; to; I; car; garage; dan spoon, banyak kesalahan pelafalan bunyi suara pada huruf vokal u:/ æ/ ə/ ʌ, diftong ai/ ei/, konsonan θ/ dʒ/, kesalahan dan kesulitan yang siswa alami tersebut membuat kata-kata tersebut kehilangan bunyi suara yang benar yang membuat arti kata tersebut berubah. Hal tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti, perbedaan bunyi antara bahasa Indonesia dan bahasa inggris yang dipengaruhi oleh bahasa ibu, latar belakang sosial dan keluarga, serta metode pembelajaran, bahan ajar, dan media pembelajaran. Upaya yang guru lakukan dalam menghadapi permasalahan tersebut di kelas ialah melakukan metode pembelajaran melafalkan huruf, mengeja kata, dan mengucapkan dengan intonasi yang benar (Pronounce The Alphabets, Spell The Words, and Speak in The Correct Intonation) dan membuat percakapan sederhana (Making a Simple Dialogue).


Keywords


Analisis kesalahan; Pelafalan; Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Agisnandea, D. (2021). AN ERROR ANALYSIS OF STUDENTS’ PRONUNCIATION SILENT LETTER AT THE SECOND SEMESTER OF ENGLISH EDUCATION RADEN INTAN STATE ISLAMIC UNIVERSITY OF LAMPUNG IN ACADEMIC YEAR OF 2019/2020. Lampung: repository.radenintan.ac.id.

BNSP. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Gunantar, D. A., Rosaria, S. D., & Ellyawati, H. C. (2020). KESALAHAN PENGUCAPAN BAHASA INGGRIS PADA MAHASISWA (ERROR PRONUNCIATION). Dinamika Sosial Budaya, 272-283.

Gustina, S., Sutarsyah, C., & Sudirman. (2015). AN ANALYSIS OF THE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS' PROBLEM IN LEARNING ENGLISH PRONUNCIATION. U-JET.

Herlina, & Utami, N. C. (2019). Teaching English to Student Of Elementary School. Jakarta: Bumi Aksara.

Herlina, L. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN FILM DALAM MENGAJAR PRONUNCIATION. Jurnal BELAINDIKA, 1-9.

Indriyani, F., & Yusnani. (2021). Orang tua dalam pelaksanaan pembelajarna daring pada siswa sekolah dasar di Pulau Roma Kecamatan Bangkinang. JPdK, 90-96.

Kurniati, I. (2021). AN ERROR ANALYSIS OF SOUND PRODUCTION IN SUPRASEGMENTAL SOUNDS. Makassar: digilibadmin.unismuh.ac.id.

Kustanti, D. (2017). Problematika Budaya Berbicara Bahasa Inggris. Jurnal Al-Tsaqafa, 169-182.

Ma'lah, L. (2016). PRONUNCIATION PROBLEMS: A STUDY OF INDONESIAN EFL STUDENTS AT STATE JUNIOR HIGH SCHOOL 2 KALIGONDANG IN THE ACADEMIC YEAR OF 2015/2016. Purwokerto: repository.ump.ac.id.

Mukmin, M. (2020). THE STUDENT'S PRONUNCIATION AWARENESS (A CASE STUDY OF THE STUDENTS' ENGLISH EDUCATION PROGRAM STATE ISLAMIC INSTITUTE PAREPARE). Parepare.

Nasution, E. O., Nelda, & Tanjung, S. (2019). An Analysis of Student' Error In Pronunciation Practice ( A Study At The Fifth Semester Of English Department Institut Pendidikan. Jurnal Liner, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 1-10.

Qomarina, Y., Puspani, I. A., & Rahayuni, N. K. (n.d.). KESALAHAN GRAMATIKAL KARENA PENGARUH BAHASA IBU DALAM TULISAN MAHASISWA PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS UDAYANA. PUSTAKA, 112-117.

Rosnaningsih, A., Muttaqien, N., & Puspita, D. R. (2019). English For Children. DI Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI).

Sitanggang, S. M., Fatimah, S., & Saud, S. (2018). ANALISIS KESALAHAN DALAM MENGGUNAKAN POSSESIVEPRONOMEN BAHASA JERMAN. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 28-34.

Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Bandung: ALFABETA, CV.

Tambunsaribu, G. (2019). ANALISIS PELAFALAN MAHASISWA DALAM MELAFALKAN IRREGULAR VERBS BAHASA INGGRIS. Journal of Language and Literature , 99-112.

Tazkiyah, T. (2019). USING YOUTUBE CHANNEL “BBC LEARNING ENGLISH” TO IMPROVE STUDENTS’ PRONUNCIATION. Serang: repository.uinbanten.ac.id.

Unaenah, E., Ragin, G., Annisa, M. N., Ishaq, A. R., Wiliah, A., Fauziah, R., & Noviyanti, W. (2020). ANALISIS PEMBELAJARAN FPB DAN KPK DENGAN MODEL POHON FAKTOR DAN TABEL KELAS IV SEKOLAH DASAR. PENSA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 75-86.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v5i1.3300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.