PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE CONCEPT SENTENCE PADA SISWA KELAS X D SMA NEGERI 10 SINGKAWANG

Zulfahita Zulfahita, Rina Fitria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  peningkatan keterampilan menulis paragraf argumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk kualitatif dan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah siswa kelas X D dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 21 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki, sedangkan data dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran dan hasil pembelajaran. Menggunakan Teknik pengumpul data observasi langsung dan teknik pengukuran berupa tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilakukan dalam penelitian ini yaitu teknik statistik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis Hasil perencanaan siklus 1 70,58% dan siklus 2 83,52%. Pelaksanaan disesuaikan dengan perencanaan yang telah disusun. Pelaksanaan siklus 1 mengalami kendala pada kesiapan ruang, alat pembelajaran dan media pembelajaran, pemberian motivasi, menguasai kelas, dan pada kendala alokasi waktu. Pelaksanaan siklus 2 berjalan dengan baik, semua aspek pada perencanaan oleh guru dengan baik. Hasil pelaksanaan siklus 1 70,90% dan siklus 2 87,27%. Nilai sikap siswa dalam mengikuti proses pembelajaran pada siklus 1 78,95% dan siklus 2 94,37%. Rata-rata nilai siswa pada siklus 1 mencapai 61,86 dan siklus 2 meningkat menjadi 76,51. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence untuk meningkatkan nilai siswa dalam keterampilan menulis. Guru juga harus memperhatikan  model yang sesuai dengan karakteristik siswa.

Keywords


Keterampilan menulis, model pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence

Full Text:

PDF

References


Ahiri, Jafar. & Hafid, Anwar. 2011. Evaluasi Pembelajaran dalam Konteks KTSP. Bandung: Humanfora.

Anggraini, Dian., Shaifuddin, M., & Sriyanto, M. Ismail. 2013.Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Metode Concept Sentence. Jurnal PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret

Arikunto, Suharsimi.2012. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Dalman, 2015. Keterampilan Menulis, Jakarta:PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, Miftahul. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kosasih, E. 2012. DasarDasar Keterampilan Menulis. Bandung: Yrama Widya.

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Purnama, Risma. 2014. Cooperative Learning Implementasi dalam Perencanaan Pembelajaran. Pontianak: STAIN Pontianak.

Sumarni, Sri. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Insan Madani

Suyadi, 2012. Buku Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suparno & Yunus, Mohamad. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v5i2.3290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.