PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 3 SINGKAWANG

Rini Setyowati, Sumarli Sumarli, Nurdiah Nurdiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar IPA siswa pada materi organ gerak hewan dan manusia. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental design, dengan bentuk desain Nonequivalent Kontrol Group Design . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 3 Singkawang. Sampel diambil menggunakan teknik sampling jenuh, Setelah pengambilan sampel yang terpilih menjadi kelas eksperimen kelas VA yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model discovery learning dan VB kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa antara kelas yang diberikan model discovery learning dengan kelas yang diberikan pembelajaran langsung pada materi organ gerak hewan dan manusia di kelas V SDN 3 Singkawang; (2) Terdapat seberapa besar pengaruh hasil belajar IPA siswa antara kelas yang diberikan model discovery learning dengan kelas yang di berikan model pembelajaran langsung pada materi organ gerak hewan dan manusia di kelas V SDN 3 Singkawang; (3) Respon siswa positif terhadap model discovery learning diperoleh dari hasil rata-rata keseluruhan sebesar 84% kriteria sangat tinggi.

Keywords


Discovery Learning, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W. dan Krathwohl, D.R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono.(2018). Metode Penelitian Kuantitatif ,dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Siti Khoriyah, Rahmat Raiz, Kiswoyo. (2019). Pengaruh model discovery learning berbantuan Patepin terhadap hasil belajar tema indahnya keberagaman di Negeriku.Jurnal PGSD Universitas PGRI Semarang.Vol. 2 No. 1.

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ni Wayan Sumarniasi.(2013). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Kesimbar melalui model discovery learning pada pembelajaran IPA. Jurnal PGSD Universitas Tadulako.Vol. 2 No. 4.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v4i2.2879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.