PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LOI (Levels Of Inquiry) BERBANTUAN MEDIA SIMULASI VIRTUAL TERHADAP PENURUNAN KUANTITAS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA

Yosua Sua, Yudi Kurniawan, Riski Mulyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendapatkan gambaran penurunan kuantitas siswa yang miskonsepsi pada materi kalor dan perpindahannya setelah diterapkan model pembelajaran LOI berbantuan media simulasi virtual; 2) Untuk mendapatkan gambaran respon  siswa setelah diterapkan model pembelajaran LOI berbantuan media simulasi virtual terhadap penurunan kuantitas siswa yang miskonsepsi pada materi kalor dan perpindahannya. Miskonsepsi  terjadi karena pembelajaran yang bersifat informatif dan berfukos pada hapalan dan rumus, sehingga penguasaan konsep siswa rendah.  Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode weak -experimental design menggunakan desain one group posttes pretest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 7 Singkawang. Teknik dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah 28 orang siswa. materi ajar yang dibahas adalah kalor dan perpindahannya menggunakan media simulasi virtual yaitu PheT Simulation yang dikembangkan oleh University of Colorado USA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Four Tier-Test (FTT). Data yang diperoleh di analisis menggunakan rumus penurunan kuantitas siswa yang miskonsepsi (DQM). Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran LOI berbantuan media simulasi virtual dapat menurunkan kuantitas siswa yang miskonsepsi terbesar yaitu sebesar 61% dengan kategori sedang pada bentuk miskonsepsi “ Kalor adalah suhu yang memindahkan partikel ke benda” sedangkan penurunan kuantitas siswa yang miskonsepsi terkecil sebesar 36% dengan kategori rendah pada konsep “ Massa benda/ukuran benda berbanding terbalik terhadap suhu benda”. Rata-rata tes skala sikap siswa sebesar 62,45% dengan kategori positif. Untuk penelitian selanjutnya, diharapkan peneliti menggunakan model pembelajaran LOI menggunakan eksperimen nyata dan menggunakan media simulasi virtual sebagai penguatan agar penurunan kuantitas siswa yang miskonsepsi lebih optimal.


Keywords


Levels Of Inquiry; Media Simulasi Virtual; Penurunan Kuantitas; Miskonsepsi

Full Text:

PDF

References


Alfiani. 2015. Analisis Profil Miskonsepsi dan Konsestensi Konsepsi Siswa SMA pada Topik Suhu dan Kalor. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015. Universitas Negeri Jakarta.: 20-32

Amin, N. Wiendartun. Samsudin, A, 2016, ‘Analisis Instrumen Tes Diagnostik Dynamic-Fluid Conceptual Change Inventory (DFCCI) Bentuk Four-Tier Test pada Beberapa SMA di Bandung Raya’, Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains (SNIPS), pp 570-574.

Ardian Asyhari, Irwandani Irwandani, and Herli Candra Saputra. (2016) ‘Lembar Kerja Instruksi Konseptual Berbasis Phet: Mengembangkan Bahan Ajar Untuk Mengkonstruksi Konsep Siswa PadaEfek Fotolistrik’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni,volume 5. Nomor 2 Tahun 2016

Ariani, Norma Farida. (2016). Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Manifulatif untuk memahamkan Konsep Pecahan Sederhana pada siswa. Disertasi dan Tesis program Pascasarjana.

Arikunto, Suharsimi (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta : Bumi Aksara

Atori, Hidayat. (2014).”Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Kartun Pada Materi Pokok Gerak Lurus”. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Skripsi

Berliana, Citra Idah. (2013). “Analisis Kemampuan Inkuiri Siswa Smp Melalui Pembelajaran Levels Of Inquiry Model Pada Topik Gerak Bumi”. Universitas UPI Bandung. Skripsi

Chandra Sutarja, Maria dan Hasanah, Retno. (2014).”Penerapan Pembelajaran Berorientasi Levels of Inquiry Terhadap Hasil Belajar pada Sub Pokok Materi Fluida Statis”. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol. 3, no 3.

Daryanto, 2010. Media Pembelajaran .Bandung: Satu Nusa

Fitriani Wulandari, Haratua Tiur Maria Silitonga, Diah. (2018) Mahmuda Miskonsepsi Siswa Tentang Suhu dan Kalor Menggunakan Tes Diagnostik di SMA Negeri 1 Sejangkung. Artikel Penelitian.

Freankel, Jak R dan Wallen Norman E (2008). How To Design And Evaluate Research In Education Seven Edition. Bandung: Elvira CV

Giancolli, C.D. 2001. Fisika/Jilid Pertama. Jakarta: Erlangga

Hadi1, Achmad ; Ariani, Tri; dan Yolanda, Yaspin. (2016).” Analisis Miskonsepsi Fisika Pokok Bahasan Fluida Statis Pada Siswa Kelas Xii Sma Negeri Tugumulyo Tahun Pelajaran 2016/2017”. STKIP-PGRI Lubuklinggau. Tidak dipublikasikan.

Hamdani, D., Kurniati E., & Sakti I. 2012.Pengaruh Model Pembelajara Generatif

dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta Vol X. No 1.

Hamid, Ahmad Abu. (2007). Kalor dan Termodinamika. Yogyakarta.

McKagan, S.B dkk (2008). Developing and Researcing PhET Simulation For Teaching Quantum Mechanics.

Hermansyah.(2010). ”Penerapan Model Levels Of Inquiry Berbantuan Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Fisika”. Universitas pendidikan Indonesia. Skripsi.

Hikmat, dkk. (2014). Strategi Konflik Kognitif Berbantuan Media Simulasi Virtual dalam Pembeljaran Fisika Berorientasi Pengubahan Konseptual Untuk meningkatkan Pemahaman Konsep dan Menurunkan Kuantitas Siswa yang Miskonsepsi. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVIII HFI Jateng dan DIY, Yogyakarta. 342-347

Jawa, Anastasia.(2017). “Pemahaman dan Miskonsepsi Tentang Konsep Gerak dan Gaya pada Siswa Kelas XI IPA”. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Skripsi.

Kemdikbud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. (online)

(https://kemdikbud.go.id/kemdikbud/dokumen/Paparan/Paparan%20Wamendik.pdf),diakses tanggal 24 Januari 2019).

Kurniawan, Yudi; Suhandi, Andi ; Hasanah Lilik. (2016). “The influence of implementation of interactive lecture demonstrations (ILD) conceptual change oriented toward the decreasing of the quantity students that misconception on the Newton’s first law”. American Institute of Physics.

Makhrus.Muh; Nur, Mohamad; Widodo, Wahono. (2014). Model perubahan konseptual dengan Pendekatan Konflik Kognitif. (MPK-PKK). J. Pilar MIPA. Vol. 9 No 1

Muswahida, Viki Nurbaiti; Subiki; Supriadi, Bambang. (2015). Penerapan Model Learning Cyicle 7E Berbantuan alat Peraga Tiga Dimensi (3D) Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar siswa Pada Pembeljaran Fisika kelas X SMA. Jurnal Pembeljaran Fisika. FKIP Jember. Vol.4 No.3

Muliyani, Riski dan Kaniawati, Ida (2015). Identification of Quantity Student’s

Misconception on Hydrostatic Pressure With Three Tier-Test.

GlobalIlluminators Publishing. Vol 2, 2015.

Muliyani, Riski. 2015. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PredictObserve-Explain (Poe) Berbantuan Refutation Text Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Penurunan Kuantitas Miskonsepsi Siswa Smp Pada Materi Fluida Statis”. Universitas

Pendidikan Indonesia. Thesis

Nurhuda. (2015).”Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Mengurangi Miskonsepsi Fisika Fluida Statis Melalui Pembelajaran Problem Based Instruction”. Dewantara, Volume 1 Nomor 2, September 2015.

Ramdan, Sahri; dan Hamidah, Ida. (2015).” Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Smp Melalui Penerapan Levels Of Inquiry Dalam Pembelajaran Ipa Terpadu”. EDUSAINS. Volume 7 Nomor 02 Tahun 2015.

Sagala, syaiful. (2010). Konsep dan Makna pembelajaran. Bandung: Alpabeta

Sanyoto, Elita Dwi; Setyawarsih, Woro; Abd.Kholiq. (2016).Penerapan Model PembelajaranInteractive Demonstration Berbantuan Media Simulasi Virtual. Untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Suhu, Kalor, dan Perpindahan Kalor. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika(JIPF). Universitas Negeri Surabaya. Vol.05 No.03

Sugiyono (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sugiyono (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan RnD.Bandung: Alfabeta,

Suparno, Paul. (2005). Miskonsepsi dan Perubahan Konsepsi dalam Pendidikan

Fisika. Cetakan Kedua. Jakarta. PT

Suhendi, Herni Yuniarti. (2014). “Penerapan Model Pembelajaran Ecirr Berbantuan Media Simulasi Virtual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa”. Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak dipublikasikan.Grasindo

Retnowati, L., Maharta, N., & Nyeneng, I. 2013. Perbandingan Hasil Belajar dan Penguasaan Konsep Fisika Siswa Antara Penggunaan Simulasi dan Eksperimen. Jurnal FKIP Unila, Vol. I, No. 3

Tipler. 1998. Fisika untuk kelas X. jakarta. Phibeta.

Tri, Fera Puspita Sari. (2014). “Profil kemampuan Inkuiri dan Profil Hasil Belajar Siswa SMK Berdasarkan Levels Of Inquiry Model”. Universitas Pendidikan Indonesia. Skripsi

Ummah, Wina Khoirul; Sutopo; Dan Asim. (2013).” Identifikasi Konsepsi Siswa Pada Materi Hubungan Gaya Dan Gerak Dikaitkan Dengan Pengalaman Belajar: Studi Kasus Di Kelas Viii Smp Terpadu Al-Anwar Trenggalek”. Universitas Negeri Malang. Tidak Dipublikasikan.

Wenning, C.J (2008). “Dealing More Effecttively With Alternative conceptions In Science”. Journal of Physics Teacer Education Online. 34, (1), 11-19

Wenning, Carl. 2011.”The Levels of Inquiry Model of Science Teaching”. Department of Physics, Illinois State University, Normal, Illinois, USA. Tidak dipublikasikan.

Yuniarti, Felintina; Dewi, Pramesti dan Ujbe, R. Susanti. (2012). Pengembangan Virtual Laboratory sebagai Media pembelajaran Berbasis Komputer Pada Materi pembiakan Virus. Unnes journal of Biology Education 1 (1), 27-35.

Zuhri, Muhammad Saifuddin dan Jatmiko, Budi. (2014). “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri (Inquiry Learning) Menggunakan Phet Simulation Untuk Menurunkan Miskonsepsi Siswa Kelas Xi Pada Materi Fluida Statis Di Sman Kesamben Jombang”. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF). Vol. 03 No. 03 Tahun 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v5i1.2778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.