EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VII

Noni Friscillia, Nindy Citroresmi Prihatiningtyas, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Connecting, Oganizing, Reflekting Extending (CORE) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII. Jenis penelitian ini adalah (Quasi Experimental) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis matematis, lembar pengamatan aktivitas, lembar angket motivasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir Kritis matematis siswa antara yang menggunakan Model Pembelajaran CORE dan yang menggunakan model pembelajaran langsung pada kelas VII SMP Negeri 09 Singkawang. (2) kemampuan berpikir kritis matematis yang menggunakan model pembelajaran CORE telah mencapai ketuntasan (nilai KKM 70) baik secara individual maupun klasikal pada materi segiempat. (3) Motivasi siswa tinggi saat diterapkan Model Pembelajaran CORE terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada kelas VII (4) Aktivitas siswa tergolong aktif saat diterapkan Model Pembelajaran CORE terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Connecting, Oganizing, Reflekting Extending (CORE) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII.

Keywords


Model Pembelajaran CORE, Kemampuan Berpikir Kritis, Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar.

Full Text:

PDF

References


Alpandi, Prihatiningtyas, N.C., dan Husna, N. (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilator and Explaining (SFE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Aljabar di SMP Negeri 12 Singkawang. JERR (Journal OF Educational Review and Research), 2 (2) 101-111.

Beladina, N., dkk (2013). Keefektivan Model Pembelajaran CORE berbantuan LKPD Terhadap Kreativitas Siswa. UJME (Unnes Journal of Mathematics Education), 2 (3), 34-38.

Buyung, Nirawati, R., & Kusumawati, I. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Singkawang. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(2), 87–90.

Khotimah, N., Utami, C., Prihatiningtyas, N. C. (2018). Penerapan Model Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Prisma. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 15 – 20.

Lestari, K.E. dan Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika: Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Kombinasi Disertai dengan Model dan Kemampuan Matematis. Bandung: PT. Refika Aditama.

Muizaddin, R., & Santoso, B. (2016) Model Pembelajaran CORE Sebagai Sarana Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JPMP (Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran), 1(1), 224-232.

Nabela. A, Mariyam, & Nurhayati. (2020). Pengaruh Guided Discovery Learning (GDL) Terhadap Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 6 Singkawang. J-PiMat, 2 (1) 116-125.

Prihatiningtyas, N.C., & Nurhayati. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(1), 13-18.

Safitri, D,. dkk. (2014). Penerapan Model Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending (CORE) Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas X3 SMAN 1 Bangorejo Tahun Ajaran 2013/2014. JURNAL EDUKASI UNEJ , I (2) 10-14

Siregar, Nur A.R., dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran CORE Terhadap kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMA Negeri Di Jakarta Timur. JPPM, 11 (1). 187-196.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA.

Susanti, S,. dkk, (2018) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran CORE dengan Media Pembelajaran Flash Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Bivalen: Chemical Studies Journal, (1) 2, 81-85

Veronica, Anggi. (2017): Pengaruh Model Pembelajaran CORE Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Kelas VII pada Materi Aljabar SMP Negeri 1 Pemangkat. Proposal. STKIP Singkawang: Perpustakan

Wahyuni, R., Mariyam, & Vinsensia, R.R.K., (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Conecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Kubus dan Balok. JERR (Journal OF Educational Review and Research), 2 (1).12-21.

Wahyuni, R., Utami, C., Husna, N. (2016). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Fungsi Komposisi Kelas XI SMA Negeri 6 Singkawang. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(2), 81-86.

Wati, K., dkk. (2019) Pengaruh Model Pembelajaran CORE (CONNECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Siswa. JNSER (Journal of Natural Science Education Reseach), 1 (2), 108-116.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v4i1.2364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.