EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VII
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alpandi, Prihatiningtyas, N.C., dan Husna, N. (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilator and Explaining (SFE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Aljabar di SMP Negeri 12 Singkawang. JERR (Journal OF Educational Review and Research), 2 (2) 101-111.
Beladina, N., dkk (2013). Keefektivan Model Pembelajaran CORE berbantuan LKPD Terhadap Kreativitas Siswa. UJME (Unnes Journal of Mathematics Education), 2 (3), 34-38.
Buyung, Nirawati, R., & Kusumawati, I. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Singkawang. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(2), 87–90.
Khotimah, N., Utami, C., Prihatiningtyas, N. C. (2018). Penerapan Model Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Prisma. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 15 – 20.
Lestari, K.E. dan Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika: Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Kombinasi Disertai dengan Model dan Kemampuan Matematis. Bandung: PT. Refika Aditama.
Muizaddin, R., & Santoso, B. (2016) Model Pembelajaran CORE Sebagai Sarana Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JPMP (Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran), 1(1), 224-232.
Nabela. A, Mariyam, & Nurhayati. (2020). Pengaruh Guided Discovery Learning (GDL) Terhadap Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 6 Singkawang. J-PiMat, 2 (1) 116-125.
Prihatiningtyas, N.C., & Nurhayati. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(1), 13-18.
Safitri, D,. dkk. (2014). Penerapan Model Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending (CORE) Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas X3 SMAN 1 Bangorejo Tahun Ajaran 2013/2014. JURNAL EDUKASI UNEJ , I (2) 10-14
Siregar, Nur A.R., dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran CORE Terhadap kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMA Negeri Di Jakarta Timur. JPPM, 11 (1). 187-196.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA.
Susanti, S,. dkk, (2018) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran CORE dengan Media Pembelajaran Flash Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Bivalen: Chemical Studies Journal, (1) 2, 81-85
Veronica, Anggi. (2017): Pengaruh Model Pembelajaran CORE Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Kelas VII pada Materi Aljabar SMP Negeri 1 Pemangkat. Proposal. STKIP Singkawang: Perpustakan
Wahyuni, R., Mariyam, & Vinsensia, R.R.K., (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Conecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Kubus dan Balok. JERR (Journal OF Educational Review and Research), 2 (1).12-21.
Wahyuni, R., Utami, C., Husna, N. (2016). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Fungsi Komposisi Kelas XI SMA Negeri 6 Singkawang. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(2), 81-86.
Wati, K., dkk. (2019) Pengaruh Model Pembelajaran CORE (CONNECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Siswa. JNSER (Journal of Natural Science Education Reseach), 1 (2), 108-116.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v4i1.2364
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Journal of Educational Review and Research
e-ISSN : 2597-9760
p-ISSN : 2597-9752
Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263
Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JERR IS INDEXED BY