PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MULTI REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DI SMP NEGERI 12 SINGKAWANG

Mona Rosima, Ressy Nirawati, Nurul Husna

Abstract


Kemampuan multi representasi matematis siswa berperan penting dalam pembelajaran matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Creative Problem Solving terhadap kemampuan multire presentasi matematis siswa, ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal, dan aktivitas belajar siswa menggunakan model Creative Problem Solving pada materi himpunan kelas VII SMP Negeri 12 Singkawang. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental.Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VII SMP Negeri 12 Singkawang yang terdiri dari empat kelas yang berjumlah 84 siswa.Sampel diambil dengan teknik purposive sampling.Adapun jumlahnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIID sebagai kelas kontrol. Hasil perhitungan menunjukkan:1)  adanya perbedaan kemampuan multi representasi matematis siswa pada kelas yang menggunakan model Creative Problem Solving dan yang menggunakan model pembelajaran langsung; 2)  Hasil perhitungan menunjukkan adanya perbedaan kemampuan multi representasi matematis secara signifikan pada kelas yang diajarkan dengan model Creative Problem Solving dan yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung; 3) analisis ketuntasan individual dan ketuntasan belajar siswa mencapai nilai KKM; 4) analisis lembar obsservasi aktivitas belajar siswa menunjukkan aktivitas belajar siswa secara keseluruhan tergolong aktif.

Keywords


Creative Problem Solving, Kemampuan Multirepresentasi

Full Text:

PDF

References


Aryanti, D., & Nursangaji, A. (2013). Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tingkat Kemampuan Siswa Pada Materi Segi Empat di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1).

Cahyani, Nur., Fihrin, H & Kade, Amiruddin (2016). “Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas XMIPA SMA Negeri 5 Palu”. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tadulako.

Darmastini, Dian Prastiwi dan Abdul Haris Rosyidi. (2014). Multirepresentasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Terbuka Matematika Ditinjau dari Perbedaam Gender. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. [online], Vol 3 N 1,(http://ejournal.unesa.ac.id/indek.php/mathedunesa/articlel/view/7307/baca-artikel, diakses 02 Juni 2018).

Hudiono, Bambang. (2010). “Peran Pembelajaran Diskurus Multirepresentasi Terhadap Pengembangan Kemampuan Matematika dan Daya Representasi Pada Siswa SLTP” Jurnal Cakrawala Kependidikan, Universitas Tanjung Pura Pontianak.

Hutagaol,Kartini. (2013). Multi Representasi dalam Pembelajaran Matematika.KNPM V, Himpunan Matematika Indonesia, 133-135.

Kartini, (2009). Peranan Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Lestari, K.E. dan Yudhanegara, M.R (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Marlina, Lina. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta: tidak diterbitkan.

NCTM (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA:NCTM.

Permata, J.I., Sukestiyarno, Y.L., & Hindarto, N. (2017). Analisis Representasi Matematis Ditinjau dari Kreativitas dalam Pembelajaran Cps dengan Asesmen Diagnostik. Unnes Jouernal of Mathematics Eduvation Research, 6(2), 233-241.

Permendikbud. (2016). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sabirin, M. (2014). Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika UIN Antasari 1(2), 33-44.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif, R & D. Bandung : CV Alfabeta.

.(2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif, R & D. Bandung : CV Alfabeta.

.(2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, R & D. Bandung : CV Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v4i1.2353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.