ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP NEGERI 8 SINGKAWANG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi. (1990). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Arikunto. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Basuki. (2015). Faktor-Faktor Penyebab Kesepian Terhadap Tingkat Depresi Pada Lansia. Jurnal Psikologi. 4(1), 713-718.
Dahar. (2014), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ,universitas IKIP PGRI Pontianak,3(1), 80-81
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas.(2013). Kurikulum 2013: Standar Isi Mata Pelajaran Matematika Untuk SMP/MTs.
Fahmy. (2018), pemahaman konsep dan minat belajar, jurnal manajemen bisnis, 5(1), 50-53.
Fahinu. (2013).Menigkatkan kemampuan Motivasi dalam mendorong minat belajar siswa, Jakarta :Kencana
Jihad, A., & Abdul Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kaniawaty, R. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Serta Motivasi Siswa SMP di Kabupaten Bandung Melalui Metode Tutor Sebaya. Tesis Pada Pasca prasarjana STKIP SILIWANGI Bandung: tidak dipublikasikan.
Lestari, K. E. (2014). Implementasi Brain-Based Learning untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan kemampuan berpikir kritis serta motivasi belajar siswa SMP. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA). 2(1), 85-88.
Lestari, K. E., & Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Jakarta: Refika Aditama.
Lisnawaty.(1993). Psikologi Pembelajaran terhadap prestasi siswa. Bandung: Wancana Prisma.
M. Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Martinus, Yamin. (2008), Minat Belajar Siswa Dalam Pendekatan Kualitatif, Yogyakarta:Gava Media.
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muncarno.(2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
NCTM. (2000). Principles and Standart For School Mathematics. Reston : NCTM. Inc
Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan kepercayaan diri siswa SMP melalui pendekatan open ended. Prisma, 6(2), 34-37.
Nur, I. R. D. (2016). Meningkatkan Kemampuan pemahaman konsep Dan Kemandirian Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Brain Based Learning. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 4(1), 57-60.
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan pemahaman konsep matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, vol 1, no 2 ,24-27.
Permendikbud No.24 Tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pembelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan SD,SMP, SMA dan SMK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Paridjo. (2008). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Prasetyo, B., & Jannah, L. M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Aplikasi, Pangkal Pinang : Gramedia.
Prayogi, A., & Widodo, A. T. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Karakter Tanggung Jawab pada Model Brain Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, vol 1,no 2, h 89-95.
Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Satori & Komariah.(2015). Metodologi penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. (2015). Perecanaan dan desain sistem perencanaan. Jakarta: Kencana.
Siregar, S. (2015). Statistika Deskriptif Untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikatif. Jakarta: Rajawali Press.
Slamet. (2003). Meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP melalui pendekatan kualitatif. Prisma, 2(2), 57-58.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (Deskriptif),Bandung.
Sukasono. (2006). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Lubuk Linggau: STKIP-PGRI Lubuk Linggau.
Syarifah. (2014), Minat Belajar Siswa Sistematis, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Syah. (2003). Minat Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Tirtaharjo, U. & Sulo, L.(2005). Mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, Yogyakarta:Multi pesindo.
Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Pt. Bumi Aksara.
Usman.(1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan prakti. Yogyakarta : Rineka Cipta.
Wirayat, Agung. (2015), Evaluasi Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa, Jakarta : Erlangga.
Yamin, Martinus.(2008), minat belajar siswa dalam pendekatan kualitatif, Yogyakarta:Gava Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2147
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Journal of Educational Review and Research
e-ISSN : 2597-9760
p-ISSN : 2597-9752
Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263
Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JERR IS INDEXED BY