ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP NEGERI 8 SINGKAWANG

Dwi Pranajaya, Nurhayati Nurhayati, Nindy Citroresmi Prihatingtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep matematis siswa dalam materi himpunan pada kelas VII SMPN 8 Singkawang. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif berasal dari istilah bahasa inggris to describe yang berarti memaparkan atau menggambarkan sesuatu hal, misalnya keadaan, kondisi, atau hal lain-lain dengan demikian yang dimaksud dengan penelitian deskriptif yang hasilnya dipaparkan  dalam bentuk penelitian, dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian yang dilakukan peneliti adalah berkaitan dengan teknik pengumpulan data yang digunakan, maka alat pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis. Pengumpulan data melalui teknik tes dilakukan dengan memberikan instrumen tes yang terdiri dari seperangkat pertanyaan atau soal berupa soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan angket minat belajar untuk memperoleh kemampuan siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif, sehingga analisis data pengamatan penelitian ini juga diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan serta mendeskripsian keadaan pemahaman konsep matematis siswa dalam materi himpunan. Hasil penelitian Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dari 30 siswa dan hasil yang dilakukan peneliti di SMPN 8 Singkawang dengan kemampuan pemahaman konsep masuk dalam kategori tinggi dan minat belajar siswa masuk dalam kategori sedang.

Keywords


kemampuan pemahaman konsep, minat belajar.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi. (1990). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Arikunto. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Basuki. (2015). Faktor-Faktor Penyebab Kesepian Terhadap Tingkat Depresi Pada Lansia. Jurnal Psikologi. 4(1), 713-718.

Dahar. (2014), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ,universitas IKIP PGRI Pontianak,3(1), 80-81

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas.(2013). Kurikulum 2013: Standar Isi Mata Pelajaran Matematika Untuk SMP/MTs.

Fahmy. (2018), pemahaman konsep dan minat belajar, jurnal manajemen bisnis, 5(1), 50-53.

Fahinu. (2013).Menigkatkan kemampuan Motivasi dalam mendorong minat belajar siswa, Jakarta :Kencana

Jihad, A., & Abdul Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kaniawaty, R. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Serta Motivasi Siswa SMP di Kabupaten Bandung Melalui Metode Tutor Sebaya. Tesis Pada Pasca prasarjana STKIP SILIWANGI Bandung: tidak dipublikasikan.

Lestari, K. E. (2014). Implementasi Brain-Based Learning untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan kemampuan berpikir kritis serta motivasi belajar siswa SMP. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA). 2(1), 85-88.

Lestari, K. E., & Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Jakarta: Refika Aditama.

Lisnawaty.(1993). Psikologi Pembelajaran terhadap prestasi siswa. Bandung: Wancana Prisma.

M. Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Martinus, Yamin. (2008), Minat Belajar Siswa Dalam Pendekatan Kualitatif, Yogyakarta:Gava Media.

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muncarno.(2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

NCTM. (2000). Principles and Standart For School Mathematics. Reston : NCTM. Inc

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan kepercayaan diri siswa SMP melalui pendekatan open ended. Prisma, 6(2), 34-37.

Nur, I. R. D. (2016). Meningkatkan Kemampuan pemahaman konsep Dan Kemandirian Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Brain Based Learning. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 4(1), 57-60.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan pemahaman konsep matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, vol 1, no 2 ,24-27.

Permendikbud No.24 Tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pembelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan SD,SMP, SMA dan SMK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Paridjo. (2008). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Prasetyo, B., & Jannah, L. M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Aplikasi, Pangkal Pinang : Gramedia.

Prayogi, A., & Widodo, A. T. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Karakter Tanggung Jawab pada Model Brain Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, vol 1,no 2, h 89-95.

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Satori & Komariah.(2015). Metodologi penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2015). Perecanaan dan desain sistem perencanaan. Jakarta: Kencana.

Siregar, S. (2015). Statistika Deskriptif Untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikatif. Jakarta: Rajawali Press.

Slamet. (2003). Meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP melalui pendekatan kualitatif. Prisma, 2(2), 57-58.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (Deskriptif),Bandung.

Sukasono. (2006). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Lubuk Linggau: STKIP-PGRI Lubuk Linggau.

Syarifah. (2014), Minat Belajar Siswa Sistematis, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Syah. (2003). Minat Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Tirtaharjo, U. & Sulo, L.(2005). Mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, Yogyakarta:Multi pesindo.

Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Pt. Bumi Aksara.

Usman.(1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan prakti. Yogyakarta : Rineka Cipta.

Wirayat, Agung. (2015), Evaluasi Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa, Jakarta : Erlangga.

Yamin, Martinus.(2008), minat belajar siswa dalam pendekatan kualitatif, Yogyakarta:Gava Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals

Journal Of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

 

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

  Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.