Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele di kelas VIII Mts Al-Fatah Singkawang

Nurul Hayati, Rika Wahyuni, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan kemampuan koneksi  matematis siswa pada materi kubus dan balok. (2) Mengetahui kesalahan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi kubus dan balok. (3) Mengetahui faktor penyebab kesalahan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi kubus dan balok. Jenis penelitan ini adalah penelitian deskriptif analitis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Mts Al-Fatah Singkawang, dan objeknya adalah kemampuan koneksi matematis siswa pada kubus dan balok. Berdasarkan hasil analisis diperoleh: untuk indikator 1  yaitu mengenali dan memanfaatkan hubungan-hubungan antar gagasan matematika rata-ratanya adalah 66,67% dengan kategori sedang; untuk indikator 2 yaitu memahami bagaimana gagasan-gagasan dalam matematika saling berhubungan dan mendasari satu sama lain untuk menghasilkan suatu keutuhan yang koheren rata-ratanya adalah 26,11% dengan kategori rendah; untuk indikator 3 yaitu mengenali dan menerapkan matematika dalam konteks-konteks diluar matematika atau masalah kehidupan sehari-hari rata-ratanya adalah 0,36,% dengan kategori rendah. Bentuk kesalahan-kesalahan koneksi matematis siswa antara lain; (1) tidak mampu memahami masalah. (2) salah memaknai soal. (3) kesalahan konsep dan salah menentukan rumus. (4) kesalahan prosedur, (5) kesalahan dalam mengubah bahasa sehari-hari ke dalam bentuk matematika. (6) kesalahan dalam menuliskan langkah-langkah penyelesaian soal cerita kubus dan balok. Factor-faktor yang mempengaruhi siswa antara lain; (1) kurangnya dalam memahami masalah dan kurangnya kemampuan siswa dalam melakukan proses pengukuran dan penentuan suatu konsep, (2) kurangnya kemampuan siswa dalam mengungkapkan ide-ide yang ia miliki untuk menyelesaikan soal yang diberikan dan  siswa kurang teliti melihat hubungan-hubungan apa dari data yang ada, (3) kurangnya kemampuan siswa dalam mengubah soal dalam bahasa sehari-hari kedalam bentuk matematika. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase siswa dalam memecahkan masalah geometri berdasarkan teori Van Hiele masih berada pada kategori rendah. Jadi dari hasil penelitian didapat bahwa siswa yang memiliki kemampuan koneksi berdasarkan tingkat berpikir level 2 berada di kategori sedang sedangkan kemampuan koneksi dengan tingkat berpikir level 1 dan level 0 berada pada kategori rendah

Keywords


Kemampuan Koneksi Matematis, Tingkat Berpikir Van Hiele, Kubus dan Balok

Full Text:

PDF

References


Amir, Muhammad Faizal. (2017). Analisis kesalahan mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dalam meyelesaikan Soal Pertidaksamaan Linear. Jurnal Edukasi. Kajian Ilmu Pendidikan. 1(2), 131-146.

Lestari, k.. (2014). Implementasi Brain-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidik. USINKA, 2(1), 36-46

Lestari, Kurnia Eka dan Yudhanegara, Mohammad Ridwan. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika, Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Laporan Penelitian dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis. Bandung: PT Refika Aditama.

Mulyana, E. (2003). Masalah Ketidaktepatan Istilah dan Simbol dalam Geometri SLTP kelas 1. Makalah FPMIPA UPI

Musriliani, dkk. (2015). Pengaruh Pembelajan Contextual Teching Learning (CTL) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gender. Jurnal Didaktik Matematika. 2( 2), 49-58.

Mariyam, dkk. (2018). Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Modul. JPMI(Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia). 3(2), 66-73.

Nawawi, Hadari. (2015). Metode Penelitian di Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM).(2000). Principles and Standars for School Mathematics.Virginia: Reston.

Nuriyah, Fajar E. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pokok Persamaan dan Fungsi Persamaan Kuadrat pada Siswa Kelas x MIA SMA Negeri 2 Wonosari. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta

Prihatiningtyas, Nindy C. & Nurhayati. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(1), 13-18.

Romli, Muhammad. (2016). Profil kemampuan koneksi matematis siswa perempuan SMA dengan kemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika. Journal of mathematics education, science & tehnology. 1(2), 145-157.

Sugiman. (2008). Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1), 56-66.

Sundayana. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta

Warih, dkk. (2016). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Teorema Phytagoras. In Prosiding Konferensi Nasioanal Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP 1). Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, UMS, 12 Maret 2016, (hal. 377-384). Muhammadiyah University Press. Diakses dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/hadle/2502/6526

Widarti (2013). Kemampuan Koneksi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Matematis siswa. Skripsi. Pendidikan Matematika STKIP PGRI Jombang.

Yuniawati. (2011). Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Strategi React untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edisin Khusus No 2




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.