PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

Rika Wahyuni, Mariyam Mariyam, Vinsensia Reda Astiva Kumang

Abstract


Penelitian ini bertujuan; (1) Untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapat pembelajaran matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CORE dan yang mendapat model pembelajaran langsung pada kelas VIII SMP Negeri 8 Singkawang; (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa ketika diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CORE; (3) Untuk mengetahui motivasi siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CORE. Jenis penelitian ini adalah Semu (Quasi Experimental)dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematis, lembar pengamatan aktivitas, lembar angket motivasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa antara yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CORE dan yang menggunakan model pembelajaran langsung. Hal ini dibuktikan dengan uji-t dua sampel independen. Maka diperoleh bahwa yaitu 6,17> 1,67 (2) Aktivitas siswa tergolong aktif saat diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CORE terhadap kemampuan koneksi matematis dengan persentase aktivitas siswa sebesar 81,59%; (3) Motivasi siswa  tinggi saat diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CORE terhadap kemampuan koneksi matematis siswa dengan perolehan skor sebesar 3,9.

Keywords


Kemampuan Koneksi Matematis; Kubus dan Balok

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman,M.(2012).Anakberkesulitanbelajar:teori,diagnosis,danremediasinya.Jakarta:Rineka Cipta.

Agustianti, R., & Amelia, R. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING). JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1), 1-6.

Auliani, A., Karim, K., & Amalia, R. (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Core Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas VIII.

Dewi,N.R.(2013).PeningkatanKemampuanKoneksiMatematis MahasiswaMelaluiBrain- BasedLearning Berbantuan Web.Makalah Pendamping:PendidikanMatematika, 4(1).

Jacob,C.(2005).Pengembangan ModelCOREdalamPembelajaran Logika denganPendekatan ReciprocalTeachingbagiSiswaSMA Negeri9Bandung danSMANegeri1Lembang.Bandung:LaporanPiloting FPMIPAUPI.tidak diterbitkan.

Khaulah, S. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI MATRIKS DI KELAS XI SMA NEGERI 3 BIREUEN. Jurnal Pendidikan Almuslim, 7(1).

Mandur,K., Sadra,I.W.,&Suparta, I.N.(2013).KontribusiKemampuanKoneksi, KemampuanRepresentasi,danDisposisiMatematisterhadapPrestasiBelajarMatematika SiswaSMA SwastadiKabupatenManggarai.E-JournalProgramPascasarjana UniversitasPendidikan Ganesha ProgramStudi Pendidikan Dasar, 2.

Nurainah, N., Maryanasari, R., & Nurfauziah, P. (2018). Analisis Kesulitan Kemampuan Koneksi Matematis Siwa Smp Kelas Viii Pada Materi Bangun Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1), 61-68.

NationalCouncil of Teacher Mathematics. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. [Online]. Tersedia: www.nctm.org [10 April 2011]jurnal hal 5

Nari,N.,&Musfika,A.P.(2017).AnalisisKesulitanBelajarDitinjauDariKemampuan KoneksiMatematikaPesertaDidik.Procceding Iain, 1(2), 311-320. Batusangkar.

Ruspiani.(2000). Kemampuan SiswaDalam Melakukan Koneksi Matematika.Artikel UPI Bandung: Tidak diterbitkan. hal:46

Rokhaeni, A., Herman, T., & Hidayat, A. S. (2011). Penerapan Model CORE Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Tersedia: https://www. academia. edu/5684094.[18 Meret 2016].

___________.2015.Penerapan Model Core Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Bandung

Sugiman, S. (2008). Koneksi matematik dalam pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).

Septiati,E. (2012).KeefektifanPendekatanKontruktivismeTerhadapKemampuanKoneksi Matematis MahasiswaPadaMataKuliah AnalisisReal.In Prossiding SeminarNasional Matematika danPendidikan MatematikaFMIPAUNY, (Vol. 10). Yogyakarta

Sholekah,L.M.A.,&Waluyo,A.(2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi MatematisMateri Limit Fungsi. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2).

Saputra, A. N. N., Said, H. B., & Defitriani, E. (2019). PERBANDINGAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING (CORE) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI KELAS VIII SMP NEGERI 15 KOTA JAMBI. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 304-308.

Sardiman, A.M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo hal:96

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA hal:79

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual &SPSS. Jakarta: PRENADA MEDIA GROUP.

Wahyuningsih, N. (2017). PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DENGAN MODEL CORE PADA SISWA SMP. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 30(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.