Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Dengan Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Script Pada Siswa Kelas VII B SMP N 1 Monterado

Heru Susanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi menyimak dongeng dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative tipe Script. Masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran, dan bagaiamana hasil pembelajaran keterampilan menyimak dongeng dengan penerapan model pembelajaran Cooperative tipe Script pada siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Monterado. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan  metode deskriptif kualitatif yakni bermaksud untuk menyelidiki tentang keadaan objek penelitian yang diteliti. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah panduan observasi, panduan wawancara, tes dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Hasil dari keseluruhan penelitian dibuktikan dengan peningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan kegiatan dalam partisipasi siswa mengikuti proses pembelajaran. Kinerja  guru dalam mengelola pembelajaran pun terus meningkat dari 46,1 % pada siklus I menjadi 84,7% pada siklus II. Nilai kegiatan aktifitas siswa di kelas mengikuti proses pembelajaran pada siklus I mencapai 64,7% meningkat menjadi 88,2% pada siklus II. Hasil pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative tipe Script. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui setelah membandingkan hasil pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada pra tindakan adalah 65,9 berada dalam kategori kurang, pada siklus I  rata-rata nilai 73,6 berada dalam kategori cukup, dan pada siklus II 88,0 berada dalam kategori baik dan mencapai pada peningkatan yang diharapkan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Cooperative tipe Script dalam penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menyimak dongeng.


Keywords


menyimak; dongeng; model pembelajaran cooperative tipe script

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Huda, Miftahul. (2013). Cooperative Learning. Yogjakarta : Pustaka Pelajar.

Miftahul A’la. (2011). Quantum Teaching. Yogyakarta: Diva Pers.

Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Oktavia, W. (2015). Inovasi Model Partisipasi Solusi (Partisol) untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa.

Oktavia, W., & Safrihady, S. (2016). Teacher Role In Formation Politeness Of Student Learning Process. JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning), 1(2), 95-98.

Paizaluddin dan Ermalinda. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Alfabeta.

Slavin, Robert, E. (2009). Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media.

Subana, Sunarti. (2011). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung : CV Pustaka Ceria.

Sugiyanto.(2013). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Susanto, H., & Sunarsih, E. (2015). Model Pembelajaran Cooperative Tipe Script sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa SMP.

Suwandi, Sarwiji. (2011). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) & Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta : Yuma Pustaka.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka.

Tarigan, Henry. Guntur. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Zuldafrial dan Lahir.M. (2012). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/cling.v1i1.548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publication of Scientific Journals

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

CAKRAWALA LINGUISTA

e-ISSN : 2597-9787

p-ISSN : 2597-9779


Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285245145680

Publisher Contact: [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Cakrawala Linguista is Indexed By

 


  Creative Commons License

CAKRAWALA LINGUISTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.