Karakteristik Soal Literasi Membaca Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum Pada Sekolah Menengah Atas Rokan Hilir

Muhammad Mukhlis, Alber Alber, Adristi Afdal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karaktersitik soal literasi membaca berbasis AKM di SMA kabupaten Rokan Hilir. Hal ini penting dikarenakan soal tersebut dijadikan acuan untuk melihat kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode content analysis. Data dikumpulkan melalui teknik dokumnetasi yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian yang diperoleh pada aspek level kognitif soal membaca bacaan sudah menggunakan level ketiga yang ditetapkan yaitu menemukan, memahami, dan mengevaluasi teks informasi. Namun demikian, tingkat distribusi kognitif masih belum ideal. Pada aspek ragam soal, bentuk yang digunakan hanya pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, dan isian singkat, sedangkan dua bentuk soal menjodohkan dan deskripsi belum lengkap. Konten teks pada stimulus cenderung menggunakan teks informasi, sedangkan dari segi konteksnya teks berisi hal-hal yang berkaitan dengan personal, sosial budaya, dan saintifik. Berdasarkan kriteria tersebut,

Keywords


Karakteristik, soal literasi membaca, asesmen kompetensi minimum SMA

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W. & K. R. D. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Pustaka Pelajara.

Andikayana, D. M., Dantes, N., & Kertih, I. W. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Membaca Level 2 untuk Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(2). https://doi.org/10.23887/jpepi.v11i2.622.

Arsalna, A., Apridar, A., & Heikal, M. (2021). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Prestasi Siswa Melalui Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening Pada SMAN 2 Seulimeum Kabupaten Aceh Besar. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 5(2). https://doi.org/10.29103/j-mind.v5i2.3438.

Budiyono. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press.

Bungin, B. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Raja Grafindo Persada.

Dewi, N. P., Rahmi, Y. L., Alberida, H., & Darussyamsu, R. (2020). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi ten-tang Materi Hereditas untuk Peserta Didik SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 4(2), 138. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss2/512.

Douglas, D. (2000). Assessing Languages for Specific Purposes. In Assessing Languages for Specific Purposes. Cambridege University Press. https://doi.org/10.1017/cbo9780511732911.

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitaif. Pustaka Ilmu Group.

Harsiati, T. (2018). Karakteristik Soal Literasi Membaca pada Program PISA. Litera, 17(1). https://doi.org/10.21831/ltr.v17i1.19048.

Haryati, M. (2020). Analisis soal UN biologi SMA/MA berdasar dimensi proses kognitif, karakteristik HOTS, dan bentuk stimulus. Jurnal Education and Development, 8(2).

Kemendikbud. (2021). Asesmen Nasional: Lembar Tanya Jawab. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Koyuncu, İ., & Fırat, T. (2020). Investigating reading literacy in PISA 2018 assessment. International Electronic Journal of Elementary Education, 13(2). https://doi.org/10.26822/iejee.2021.189.

Moodley, V. (2013). In-service teacher education: Asking questions for higher order thinking in visual literacy. South African Journal of Education, 33(2). https://doi.org/10.15700/saje.v33n2a430.

Mukhlis, M., Suwandi, S., Rohmadi, M., & Setiawan, B. (2022). Characteristics of Reading Literacy Questions used by Teachers to Measure Students’ Minimum Competency Assessment. International Conference of Humanities and Social Science.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, K. (2020). Desain Pengembangan Soal AKM. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rahmawati, L. E. (2019). Pengembangan Tes Kompetensi Membaca untuk Mahasiswa Asing Program Darmasiswa dan KNB dengan Pendekatan Komunikatif. Universitas Sebelas Maret.

Suwandi, S., Sudaryanto, M., Wardani, N. E., Zulianto, S., Ulya, C., & Setiyoningsih, T. (2021). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(1). https://doi.org/10.21831/jk.v5i1.35457.

Tju, M., & Murniarti, E. (2021). Analisis Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2).

Zahrudin, mun, Ismail, S., Yuliati Zakiah, Q., Program Doktoral Pendidikan Islam, P., & Sunan Gunung Djati Bandung, U. (2021). Policy Analysis of Implementation of Minimum Competency Assessment As an Effort To Improve Reading Literacy of Students in Schools. Paedagori : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/cling.v6i1.4111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals

STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

CAKRAWALA LINGUISTA

e-ISSN : 2597-9787

p-ISSN : 2597-9779


Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285245145680

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Cakrawala Linguista is Indexed By

 


  Creative Commons License

CAKRAWALA LINGUISTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.