Karakteristik Soal Literasi Membaca Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum Pada Sekolah Menengah Atas Rokan Hilir
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, L. W. & K. R. D. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Pustaka Pelajara.
Andikayana, D. M., Dantes, N., & Kertih, I. W. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Membaca Level 2 untuk Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(2). https://doi.org/10.23887/jpepi.v11i2.622.
Arsalna, A., Apridar, A., & Heikal, M. (2021). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Prestasi Siswa Melalui Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening Pada SMAN 2 Seulimeum Kabupaten Aceh Besar. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 5(2). https://doi.org/10.29103/j-mind.v5i2.3438.
Budiyono. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press.
Bungin, B. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Raja Grafindo Persada.
Dewi, N. P., Rahmi, Y. L., Alberida, H., & Darussyamsu, R. (2020). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi ten-tang Materi Hereditas untuk Peserta Didik SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 4(2), 138. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss2/512.
Douglas, D. (2000). Assessing Languages for Specific Purposes. In Assessing Languages for Specific Purposes. Cambridege University Press. https://doi.org/10.1017/cbo9780511732911.
Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitaif. Pustaka Ilmu Group.
Harsiati, T. (2018). Karakteristik Soal Literasi Membaca pada Program PISA. Litera, 17(1). https://doi.org/10.21831/ltr.v17i1.19048.
Haryati, M. (2020). Analisis soal UN biologi SMA/MA berdasar dimensi proses kognitif, karakteristik HOTS, dan bentuk stimulus. Jurnal Education and Development, 8(2).
Kemendikbud. (2021). Asesmen Nasional: Lembar Tanya Jawab. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Koyuncu, İ., & Fırat, T. (2020). Investigating reading literacy in PISA 2018 assessment. International Electronic Journal of Elementary Education, 13(2). https://doi.org/10.26822/iejee.2021.189.
Moodley, V. (2013). In-service teacher education: Asking questions for higher order thinking in visual literacy. South African Journal of Education, 33(2). https://doi.org/10.15700/saje.v33n2a430.
Mukhlis, M., Suwandi, S., Rohmadi, M., & Setiawan, B. (2022). Characteristics of Reading Literacy Questions used by Teachers to Measure Students’ Minimum Competency Assessment. International Conference of Humanities and Social Science.
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en.
Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, K. (2020). Desain Pengembangan Soal AKM. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rahmawati, L. E. (2019). Pengembangan Tes Kompetensi Membaca untuk Mahasiswa Asing Program Darmasiswa dan KNB dengan Pendekatan Komunikatif. Universitas Sebelas Maret.
Suwandi, S., Sudaryanto, M., Wardani, N. E., Zulianto, S., Ulya, C., & Setiyoningsih, T. (2021). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(1). https://doi.org/10.21831/jk.v5i1.35457.
Tju, M., & Murniarti, E. (2021). Analisis Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2).
Zahrudin, mun, Ismail, S., Yuliati Zakiah, Q., Program Doktoral Pendidikan Islam, P., & Sunan Gunung Djati Bandung, U. (2021). Policy Analysis of Implementation of Minimum Competency Assessment As an Effort To Improve Reading Literacy of Students in Schools. Paedagori : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 12(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/cling.v6i1.4111
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
CAKRAWALA LINGUISTA
e-ISSN : 2597-9787
p-ISSN : 2597-9779
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285245145680
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
Cakrawala Linguista is Indexed By