PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI MULTIMODAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS HIKAYAT PADA SISWA KELAS 10 SMAN 9 SURABAYA

Muhammad Rio Firmansyah

Abstract


Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran berbasis literasi multimodal berupa media audiovisual terhadap kemampuan menulis hikayat pada kelaseksperimen dan kelas kontrol siswa kelas X SMAN 9 Surabaya. Penelitian ini memanfaatkan metode True Experimental dengan model Pre-Test & Post-Test Control Group Design. Sumber data berasal dari populasi kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang sama-sama berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan Pre-Test & Post-Test yang luarannya berupa nilai. Teknik analisis data menggunakan model kuantitatif dengan menghitung nilai yang diperoleh dengan rumus statistika kemudian dilakukan intepretasi dari hasil statistik tersebut. Hasil Penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis hikayat rata-rata siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen lalu  X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil yang diperoleh dari perhitungan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dan Paired Sample T Test berbantuan SPSS 16 hasil skor pretes dan postes siswa yang menunjukkan sig. 2-tailed sebesar 0.000>0.05. Hipotesis alternatifnya (Ha) diterima dan Hipotes Nihilnya (Ho) ditolak. Keefektifan dari literasi multimodal dibuktikan rata-rata/mean pretes 56,17 yang masih kurang dari KKM (75)  dan skor mean postes 89,22 yang memenuhi KKM (71).   


Keywords


Literasi Multimodal; Kemampuan Menulis; Hikayat

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Lentera Cendekia.

Arikunto, S. (2010a). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010b). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta.

Chen, Y. (2010). Exploring dialogic engagement with readers in multimodal EFL textbooks in China. Visual Communication, 9(4), 485–506.

Parera, J. D. (1986). Studi Linguistik Umum dan Historis Bandingan. Penerbit Erlangga.

Rifa’i, A., & Anni, C. T. (2009). Psikologi pendidikan. Semarang: Unnes.

Sandilyan, S., & Kathiresan, K. (2012). Mangrove conservation: a global perspective. Biodiversity and Conservation, 21(14), 3523–3542.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Nusa Media.

Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta. CV.

Tarigan, H. G. (2013). Menulis (Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa). Angkasa.

Wiyatmi. (2006). Pengantar Kajian Sastra. Pustaka Pelajar.

Zainurrahman, S. S. (2011). Menulis: Dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/cling.v6i2.3959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals

STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

CAKRAWALA LINGUISTA

e-ISSN : 2597-9787

p-ISSN : 2597-9779


Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285245145680

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Cakrawala Linguista is Indexed By

 


  Creative Commons License

CAKRAWALA LINGUISTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.