Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMKN 1 Singkawang Kalimanatan Barat

Gunta Wirawan, Mirna Dwi Risnawati, Susan Neni Triani, Eti Sunarsih, Lili Yanti

Abstract


Dalam pelaksanaan pembelajaran, ada beberapa komponen yang dapat menentukan keberhasilan proses pendidikan yang dilaksanakan. Komponen tersebut adalah kurikulum, guru, siswa, materi pembelajaran, dan strategi pembelajaran termasuk di dalamnya  metode dan media yang digunakan. Dalam penulisan ini, metode yang digunakan adalah deskriptif berbentuk kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Berdasarkan hasil wawancara dengan dua orang guru Bahasa Indonesia SMKN 1 Singkawang, diketahui bahwa salah satu problematika pembelajaran adalah rendahnya minat siswa terhadap Bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor antara lain paradigma siswa yang menganggap mata pelajaran Bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran tidak penting, bukan sebagai disiplin ilmu utama yang mesti mereka kuasai, sehingga cenderung diabaikan.


Keywords


Problematika, Bahasa Indonesia, SMKN 1 Singkawang

Full Text:

PDF

References


Alfianto. 2008. Kooperatif Learning. Bandung : Alfabeta.

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Ichsan, I.Z. (2020). COVID-19 Outbreak on Environment: Profile of Islamic University Students in HOT-AEP-CONVID-19 and PEM-COVID-19. Tadaris Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, Vol 5, No. 1.

Ishak. 2006. Kemampuan Berbahasa Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara

Moleong. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Roesdakarya.

Rahmanto. 1988. Kooperatif Learning. Jakarta : Alfabeta.

Sanjaya, W. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya : Kencana Pranada Media group.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineke Cipta

Suparno. 2000. Mutu Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah dalam Bahasa Indonesia dalam Era Globalisasi. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Yanti, M.T., Kuntarto, E., dan Kurniawan, A.R. (2020). Pemanfaatn Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 5 No.1.

Yin, Robert K. 1997. Studi Kasus (Desain dan Metode). Jakarta: Raja Grafindo Pers




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/cling.v5i2.3851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals

STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

CAKRAWALA LINGUISTA

e-ISSN : 2597-9787

p-ISSN : 2597-9779


Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285245145680

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Cakrawala Linguista is Indexed By

 


  Creative Commons License

CAKRAWALA LINGUISTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.