SISTEM PERALATAN HIDUP DAN TEKNOLOGI CERITA RAKYAT PUTRI DARA NANTE (KAJIAN ANTROPOLOGI SASTRA)

Melia Melia, Mesterianti Hartati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sistem peralatan hidup dan teknologi dalam Cerita Rakyat Putri Dara Nante menggunakan kajian antropologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian kulaitatif karena data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa kata-kata tertulis mengenai sistem peralatan hidup dan teknologi yang terdapat pada Cerita Rakyat Putri Dara Nante. Teknik analisis dalam penelitian menggunakan Teknik kajian isi (content analysis) karena menganalisis isi bacaan yang terdapat dalam cerita rakyat Putri Dara Nante. Teknik dan alat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik studi dokumenter dengan dokumen cerita rakyat Putri Dara Nante sebagai alat penelitian. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan peneliti di dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan triangulasi teori dan diskusi teman sejawat. Berdasarkan hasil analisis data yaitu ditemukan yaitu Sistem peralatan hidup dan teknologi ini berhubungan dengan alat transportasi, peralatan komunikasi / bahasa, senjata dan alat-alat rumah tangga, pakaian dan tempat berlindung / rumah, pengetahuan dan kesenian. Berdasarkan hasil temuan dalam kajian antropologi dalam bentuk sistem peralatan hidup dan teknologi, disimpulkan bahwa ditemukan sejumlah alat atau hasil budaya yang mengacu pada beberapa peralatan berupa keris, cangkul, gunting, kapak, mata bajak, sapu lidi, rumah-rumah yang terbuat dari kayu, alat ransportasi berupa perahu yang terbuat menggunakan kayu dan berhubungan dengan pertanian dari hasil kebun dan lading mereka. 


Keywords


Antrologi, Sistem Peralatan Hidup dan Teknologi, Cerita Rakyat

Full Text:

PDF

References


Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS.

Indrastuti, N. S. K. (2018). Representasi Unsur Budaya dalam Cerita Rakyat Indonesia: Kajian Terhadap Status Sosial dan Kebudayaan Masyarakat. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 3(3), 189-199.

Muslim, M. Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Buku Teks Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(1).

Rahmawati, dkk. 2007. Sastra Lisan Tolaki. Kendari: Kantor Bahasa, Provinsi Sultra.

Ratna, Nyoman Kutha. (2011). Antropologi Sastra (Peranan Unsur-unsur Kebudayaan dalam Proses Kreatif). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sadewa, I Ketut. Sajak Nyanyian Angsa Karya WS. Rendra. Analisis Antropologi Sastra. Jurnal Sastra Universitas Udayana. Vol 12.

Sutardi, Tedi. (2007).Mengungkap Keragaman Budaya untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Program Bahasa. Bandung: PT Setia Purna Inves.

Suwarno, S., Saddhono, K., & Wardani, N. E. (2018). Sejarah, Unsur Kebudayaan, dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Legenda Sungai Naga. Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 11(2), 194-203.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/cling.v5i1.2844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals

STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

CAKRAWALA LINGUISTA

e-ISSN : 2597-9787

p-ISSN : 2597-9779


Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285245145680

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Cakrawala Linguista is Indexed By

 


  Creative Commons License

CAKRAWALA LINGUISTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.