INTERNALISASI NILAI MORAL MELALUI PROGRAM MENDONGENG

Nurhannah Widianti, Aditia Muara Padiarta

Abstract


Tujuan penelitian ini, yakni mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai moral melalui program mendongeng yang dilakukan oleh Rumah Inspirasi (komunitas literasi).  Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif etnografi. Lokasi penelitian, yaitu di Rumah Inspirasi, Kabupaten Cirebon. Sumber data penelitian berupa rekaman proses kegiatan mendongeng. Sementara itu, data penelitian adalah penggalan tuturan yang disampaikan oleh pendongeng. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur dan dokumentasi berupa visual dan audio visual. Data dianalisis dengan tahapan pengumpulan data lapangan dan tinjauan pustaka, verifikasi data melalui klarifikasi berdasarkan kategori tertentu, interpretasi data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendongeng dalam setiap kegiatan telah secara konsisten menanamkan berbagai nilai moral pada anak-anak. Setiap dongeng yang disampaikan disisipi nilai-nilai moral, antara lain kejujuran, peduli, mandiri, disipilin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, dan adil. Pelaksanaan program mendongeng setiap pekannya pun berlangsung kondusif. Pada setiap pertemuan, anak-anak tampak antusias menyimak dongeng dan merespons berbagai pertanyaan yang diajukan. Program mendongeng ini merupakan wujud konkret dalam upaya menginternalisasikan nilai-nilai moral kepada anak-anak secara konsisten dan berkelanjutan.

Keywords


nilai moral, mendongeng, komunitas literasi

Full Text:

PDF

References


Danandjaja, J. (1991). Folklor Indonesia: Ilmu gosip, dongeng, dan lain lain (Cet. 3). Grafiti.

Endaswara, S. (2006). Metodologi Penelitian Kebudayaan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Gusmayanti, E., & Dimyati, D. (2021). Analisis Kegiatan Mendongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 903–917. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1062

Indonesia (Ed.). (2012). Children stories from Komisi Pemberantasan Korupsi (Cet. 1). Komisi Pemberantasan Korupsi, Republik Indonesia, Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat.

Indriani, W., & Susilo, H. (2021). EFEKTIVITAS DONGENG UNTUK MENANAMKAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI RUMAH. 10(1), 9.

Lestyowati, J. (2020). Metode Storytelling Peningkatkan Motivasi Perilaku Antikorupsi. Integritas: Jurnal Antikorupsi, 06(1).

Lickona, T. & Juma Abdu Wamaungo. (2012). Mendidik untuk membentuk karakter: Bagaimana sekolah dapat memberikan pendidikan tentang sikap hormat dan bertanggungjawab. Bumi Aksara.

Mumpuni, A., & Nurbaeti, R. U. (2020). Efektivitas Dongeng dalam Mengembangkan Karakter Antikorupsi Peserta Didik di Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 292. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i2.45131

Rohayati, E. (2018). METODE PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERCERITA YANG BERKARAKTER UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.17509/cd.v3i1.10320

Suhada, I. (2016). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini (Raudhatul Athfal). Remaja Rosdakarya.

Sundusiah, S., & Harini, Y. N. A. (2020). KOMUNITAS MENDONGENG SEBAGAI UPAYA PENYADARAN AKTIVITAS MENDONGENG KEPADA ORANG TUA/WALI DAN GURU TK/SEDERAJAT DI KECAMATAN CARINGIN KABUPATEN SUKABUMI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6.

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan Karakter di Era Milenial. Penerbit Deepublish.

Widianti, N., Agus, N., dan Bambang, I. (2017). Nilai Moral dalam Cerita Babad Cirebon: Berdasarkan Penceritaan di Keraton Kanoman. Indonesian Language Education and Literature, 3 (1), 24-31.

Zikrillah, A., Padiatra, A. M., Gunawan, I., Setiawan, B., & Muttaqin, M. Z. (2021). Perspektif Komunikaksi Islam Terhadap Perilaku Kekerasan Verbal Dalam Permainan Daring (Studi Kasus Game Mobile Legends: Bang Bang). Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 6(1), 95. https://doi.org/10.29240/jdk.v6i1.2960

Zulfitria, Z., Arif, Z., Abidah, A., & Arifah, A. (2020). DONGENG DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI ANAK. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 17(2). https://doi.org/10.31000/rf.v17i2.3036




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/cling.v4i2.2767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals

STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

CAKRAWALA LINGUISTA

e-ISSN : 2597-9787

p-ISSN : 2597-9779


Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285245145680

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Cakrawala Linguista is Indexed By

 


  Creative Commons License

CAKRAWALA LINGUISTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.