EKRANISASI NOVEL PERBURUAN KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER KE FILM PERBURUAN KARYA SUTRADARA RICHARD OH

Windi Carolita, Shakia Septiana, Fitri Fitri, Sri Mulyani

Abstract


Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah pendeskripsian proses ekranisasi novel Perburuan karya Pramoedya Ananta Toer ke film Perburuan karya sutradara Richard Oh yang meliputi penciutan, penambahan, dan perubahan variasi, serta implementasi hasil penelitian terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan pendekatan penelitian yakni pendekatan objektif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Perburuan karya Pramoedya Ananta Toer dan film Perburuan karya sutradara Richard Oh. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata, frasa, klausa, kalimat dan  kutipan yang terdapat di dalam novel Perburuan karya Pramoedya Ananta Toer dan dialog yang terdapat dalam film Perburuan karya sutradara Richard Oh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi, teknik baca dan catat, serta teknik transkripsi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analysis Interactive Model dari Miles dan Huberman yang dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan empat cara yaitu ketekunan pengamatan, kecukupan referensi, tringulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Berdasarkan hasil penelitian, data yang diperoleh adalah penciutan sebanyak 196 data, penambahan 102 data, dan perubahan variasi 52 data. Hasil penelitian selanjutnya diimplementasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia (peminatan) jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas XII semester ganjil pada kompetensi dasar KD 3.3 “Menganalisis hasil alih wahana (konversi) dalam karya satra baik dari novel ke film maupun sebaliknya” dan KD 4.3 “Mengevaluasi hasil analisis alih wahana (konversi) novel ke film maupun sebaliknya”.

Keywords


ekranisasi; novel; film

Full Text:

PDF

References


Azies, F. dan H. A. (2015). Menganalisis Fiksi. Ghalia Indonesia.

Eneste, P. (1991). Novel dan Film. Nusa Indah.

Kaelan. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Interdisiplin Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, Seni, Agama, dan Humaniora. Paradigma.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Praharwati, D. W., & Romadhon, S. (2017). Ekranisasi Sastra: Apresiasi Penikmat Sastra Alih Wahana. Buletin Al-Turas, Vol. XXIII.

Semi, A. (2007). Metode Penelitian Sastra. Angkasa.

Suwella, T. F., Nurizzati, & Zulfadhli. (2018). Ekranisasi Novel Sunshine Becomes You Karya Ilana Tan ke Film Sunshine Becomes You. http//ejournal.unp.ac.id/index.php/ibs /article/view/9618

Toer, P. A. (2002). Perburuan. Hasta Mitra.

Yanti, D. S. A. (2016). Ekranisasi Novel ke Bentuk Film 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahera. http: Artikel Relevan/Ekranisasi 99 cahaya.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/cling.v4i2.2726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals

STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

CAKRAWALA LINGUISTA

e-ISSN : 2597-9787

p-ISSN : 2597-9779


Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285245145680

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Cakrawala Linguista is Indexed By

 


  Creative Commons License

CAKRAWALA LINGUISTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.