PEMANFAATAN APLIKASI CHINESESKILL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN

Juan Christian, Lily Thamrin, Lusi Lusi

Abstract


Seiring berkembangnya teknologi di era milenial ini, terdapat banyak aplikasi yang dapat membantu kita dalam belajar bahasa mandarin, salah satunya adalah ChineseSkill. Di dalam aplikasi ini terdapat bermacam-macam topik dialog yang sering di gunakan dalam kehidupan sehari hari, yang menarik dari aplikasi ini kita bisa mengetahui cara pengucapan dan pelafalan yang benar dalam berbicara. Untuk mengetahui apakah aplikasi ChineseSkill dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa mandarin, penulis menggunakan metode tes dan metode survei kuesioner untuk mengumpulkan data pada mahasiswa Angkatan 2019 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin FKIP UNTAN. Dari hasil penelitian di dapati bahwa, peningkatan nilai rata-rata pengucapan mahasiswa kelas A dari 84,20 menjadi 91,51; peningkatan nilai rata-rata tingkat kefasihan dari 82,91 menjadi 91,96. Peningkatan nilai rata-rata pengucapan mahasiswa kelas B dari 86,35 menjadi 95,44; peningkatan nilai rata-rata tingkat kefasihan dari 86,42 menjadi 95,92. Dari hasil peningkatan dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan aplikasi ChineseSkill dapat membantu mahasiswa mendengarkan pelafalan yang benar, sehingga mahasiswa bisa memperbaiki pelafalan dan dapat memperhatikan intonasi serta tanda baca saat berbicara bahasa Mandarin.


Keywords


ChineseSkill, Berbicara, Media Aplikasi

Full Text:

PDF

References


Abdullah, N. A. C., Tajuddin, A. J. A., & Soon, G. Y. 2019. “Mandarin Students ’ Perceptions of Smartphone Applications in Mandarin Learning.” Universal Journal of Educational Research 7(9A): 61–70.

Aji, S. H., Saputra, A. T., & Tuada, R. N. 2020. “Development of Physics Mobile Learning Media in Optical Instruments for Senior High School Student Using Android Studio.” Journal of Physics: Conference Series 1440(1).

Astuti, I.A.D., Sumarni, R.A., & Saraswati, D.L. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android.” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika 3: 57–62.

Azhar, A. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Chan, D. M., & Rahman, I. 2019. “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar: Kasus Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia STKIP YDB Lubuk Alung.” KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya (e-Journal) 5(1): 27–39.

Darmanto, D., Hari, Y., Hermawan, B., & Setyawati, E. 2019. “Aplikasi Sistem Manajemen Konten Bahasa Mandarin Untuk Mendukung Ujian Hanyu Shuiping Kaoshi.” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 6(1): 9–16.

Darwis, R. 2016. “Students’ Perceptions towards the Use of Podcast in Learning English: A Case Study of the Second Grade Students at One High School in Bandung.” Journal of English and Education 4(2): 80–100.

Dexiu, Hao郝德秀. 2015. “ChineseSkill 帮助外国人学汉语.” 中文科技期刊数据库, 创业邦.

Guochang, Fan& Zhongshan, Cui 樊国昌& 崔中山. 2016. “校企融合式” 金融人才培养模式改革研究. 成都: 西南财经大学出版社.

Handoko, L. V. A. 2019. “STRATEGI PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA MANDARIN PADA APLIKASI PEMBELAJARAN CHINESESKILL.” Century: Journal of Chinese Language, Literature and Culture 07(02): 29–38.

Iskandar, D., & Soesianto, I. F. 2010. “Pengembangan Aplikasi Berbasis Teknologi Mobile Untuk Pembelajaran.” Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada.

Jihad, A. 2013. Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi Dan Kualitas Guru Di Era Global. Penerbit Erlangga.

Kristanto, A. 2016. Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Surabaya.

Maswan., & Muslimin, K. 2017. Teknologi Pendidikan, Penerapan Pembelajaran Yang Sistematis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mirhadizadeh, N. 2016. “Internal and External Factors in Language Change.” Internal and External Factors in Language Learning 1(5): 188–96.

Nurseto, T. 2011. “Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik.” Jurnal Ekonomi dan pendidikan 8(1): 89–95.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. 2017. “Belajar Dan Pembelajaran.” FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3(2): 333.

Prasetyo, Y.D., Yektyastuti, R., Solihah, M., Ikhsan, J. & Sugiyarto, K. 2015. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Aplikasi Android Terhadap Peningkatan Motivasi Siswa SMA.” Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains): 252–58.

Rusdiana, A., Sulhan, M., Arifin, I. Z., & Kamaludin, U. A. 2020. “Penerapan Model POE2WE Berbasis Blended Learning Google Classroom Pada Pembelajaran Masa WFH Pandemic Covid-19.”

Setyonegoro, A. 2013. “HAKIKAT, ALASAN, DAN TUJUAN BERBICARA (Dasar Pembangun Kemampuan Berbicara Mahasiswa).” Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 2(2).

Subandi, S. 2014. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Bahasa Jepang Melalui Pendekatan Lesson Study Dengan Menggunakan Materi Ajar Apresiatif.” Paramasastra, Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya 1(1).

Sugiyono, S. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, Dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Supriadi, N., Tazkiyah, D., & Isro, Z. 2020. “Pengajaran Menggunakan Aplikasi KAHOOT Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Mandarin Siswa Di SMP Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto.” Jurnal LPPM Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto 9(1).

Tarigan, G. H. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV. Angkasa.

Thamrin, L. 2020. “Pembelajaran Daring Dosen Native Tiongkok Terhadap Mahasiswa FKIP Universitas Tanjungpura.” Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing 3(2): 406–27.

Umar, & Jurai, S. S. M. 2014. “Media Pendidikan.” Jurnal Tarbawiyah 11(1): 131–44.

Wahyono, H. 2017. “Penilaian Kemampuan Berbicara Di Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi Wujud Aktualisasi Prinsip-Prinsip Penilaian.” Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 1(1): 19–34.

Xiaozheng, Shen 申晓政. 2016. 计算思维和计算机基础教学研究. Beijing: BEIJING BOOK CO. INC.

Yanti, M. T., Kuntaro, E., & Kurniawan, A. R. 2020. “Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasar 10(1): 61–68.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/cling.v4i2.2724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals

STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

CAKRAWALA LINGUISTA

e-ISSN : 2597-9787

p-ISSN : 2597-9779


Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285245145680

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Cakrawala Linguista is Indexed By

 


  Creative Commons License

CAKRAWALA LINGUISTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.