NILAI PENDIDIKAN DALAM TINDAK TUTUR ILOKUSI ASERTIF DI MEDIA SOSIAL : SEBUAH KAJIAN ANALISIS SOSIOLINGUISTIK

Fitria Aprilia

Abstract


ABSTRACT

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan jenis tindak tutur ilokusi asertif dan makna implikatur dalam tuturan berupa status tertulis yang mengandung nilai-nilai pendidikan di beberapa media sosial. Fokus penelitian ini adalah tulisan berupa status yang mengandung nilai pendidikan dalam beberapa media sosial saat ini seperti Blackberry Messenger (BBM), Facebook, Path, dan Twitter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif di mana data-data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik dokumentasi dan mencatat. Teknik analisis data menggunakan teknik padan ekstralingual yang mengacu pada permasalahan bahasa yang berada diluar seperti konteks tuturan, makna, dan informasi. Hasil analisis data mengungkapkan bahwa penggunaan jenis tindak tutur ilokusi asertif banyak terdapat dan digunakan dalam media sosial seperti Blackberry Messenger (BBM), Facebook, Path, dan Twitter. Penggunaan tindak tutur ilokusi asertif yang paling banyak muncul adalah tindak tutur asertif menyatakan yaitu sebanyak 5 tuturan berupa status. Makna implikatur yang muncul antara lain menyatakan pendapat, menyatakan pikiran, menyatakan keinginan, dan sebagainya. Hal ini di nilai wajar jika tindak tutur asertif menyatakan dan makna implikatur menyatakan pendapat, pikiran, dan keinginan menjadi yang paling sering muncul karena pengguna media sosial saat ini pada umumnya merasa bebas dan tidak ragu dalam menyatakan perasaan mereka.

 


 

 


Keywords


Tindak Tutur Ilokusi Asertif, Nilai Pendidikan, Makna Implikatur, Media Sosial.

Full Text:

PDF

References


Abbood Ad-Darraji, H.H., Voon Foo, T.C., Malik Mohamed Ismail, S.A., & Abdullah, E.S. (2012). Offering as a comissive and directive speech act: Consequence for cross-cultural communication. International Journal of Scientific and Research Publications, 2(3), 1-6.

Akinwoto, S. A. (2013). A speech act analysis of the acceptance of nomination speeches of hief Obafemi Awolowo and chief M.K.O. Abiola. English Linguistics Research Journal, 2(1), 43-51.

Altikriti, S. F. (2011). Speech act analysis to short stories. Journal of Language Teaching and Research, 2(6), 1374-1384.

Altikriti, S. F. (2016). Persuasive speech acts in Barack Obama’s inaugural speeches (2009, 2013) and The last state of the union address (2016). International Journal of Linguistics, 8(2), 47-66.

AR, Syamsudin., & Damaianti, V.S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Dylgjeri, A. (2017). Analysis of speech acts in political speeches. European Journal of Social Sciences Studies, 2(2), 19-26.

Ilyas, S., & Khushi, Q. (2012). Facebook status updates: A speech act analysis. Academic Research International Journal, 3(2), 500-507.

Kementrian Perdagangan RI. (2014). Panduan Optimalisasi Media Sosial. Jakarta: Pusat Humas Kementrian Perdagangan RI.

Lubis, H. H. (2015). Analisis Wacana Pragmatik. Bandung: Angkasa Bandung.

Mahsun. (2011). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi Metode dan Tekniknya. Jakarta. Duta Rajawali Pers.

McMillan, J.H., & Schumacher, S. (2003). Research in Education. New Jersey: Pearson Inc.

Nadar, F.X. (2009). Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatana Media.

Nurhasanah., Suganda, D., & Darmayanti, N. (2014). Strategy of courtesy for commissive act at the proposing ceremony in Lampung Komering. International Journal of English and Education, 3(2), 147-155.

Putrayasa, I. B. (2015). Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Santoso, I., Sujatna, S. E. T., & Mahdi, S. (2014). Speech act on short stories: A pragmatic study. The International Journal of Social Sciences, 19(1). 108-118.

Searle, J. R. (2002). Speech Acts, Mind, and Social Reality. Netherlands: Kluwer Academic Publishers.

Tarigan, H.G. (2009). Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa Bandung.

Utami, P.W., Darmayanti, N., & Riyanto, S. (2013). Expressive speech act of judges’ narratives in X-Factor Indonesia talent show on Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI): A Pragmatic Study. International Journal of Language Learning and Applied Linguistics World, 4(4), 543-561.

Yarahmadi, M., & Olfati, N. (2011). Speech act analysis of Anton Chekhov’s The Seagull. Journal of Basic and Applied, 1(12), 2522-2527.

Yule, G. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/cling.v4i2.2620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals

STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

CAKRAWALA LINGUISTA

e-ISSN : 2597-9787

p-ISSN : 2597-9779


Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285245145680

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Cakrawala Linguista is Indexed By

 


  Creative Commons License

CAKRAWALA LINGUISTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.