EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA DI SMK YAPIM BANDAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan media audio visual untuk meninkatkan keterampilan menyimak pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Swasta Indonesia Membangun Taruna Bandar. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan menyimak yang dimiliki siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif korelasional. Data penelitian yan telah terkumpul selanjutnya akan dilakukan pengolahan data yang terkumpul sehingga akan diperoleh hasil penelitian. adapun hasil pada pre tes (variabel x) diperoleh jumlah nilai 4501 dengan nilai rata-rata 72,5. Hasil post tes (variabel y) diperoleh nilai berjumlah 4903 dengan nilai rata-rata 79,08. Berdasarkan koofisien korelasi 0,71 yang ditafsirkan dengan peringkat korelasi yang kuat/tinggi. Hasil perhitungan uji hipotesis didapatkan t hitung sebesar 10,36 hasil dari pengujian tersebut jika dibandingkan dengan t tabel sebesar 1,671 maka t hutung> t tabel jika Haa diterima kebenarannya dan Ho ditolak kebenarannya. Besarnya pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap kemampuan menyimak siswa adalah 50,41%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andyani, novita. Dkk. (2016). Peningkatan Kemampuan Teks Eksplanasi dengan Menggunakan media Audio Visual pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Terdapat di https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs.indonesia/article/view/9994/7388 (Oktober 2016 )
Arikunto, S. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Armah.2013.Pengaruh media audio visual terhadap kemampuan menulis teks berita oleh siswa kelas VIII SMP PGRI 9 PERCUT SEI TUAN Tahun pembelajara 2012/2013. Sumber tersedia di http://www.pdf4free.com
Arsyad, Azhar. 2003.Media Pembelajaran.Jakarta: PT Grafindo Persada.
http://sulaiman-ump.blogspot.com/2011/06/kelebihan-dan-kekurangan-media-audio-html
Bahri, Syaiful dkk. 2010. Strategi Belajar Menagjar. Jakarta: Rineka Cipta.
Brata, M. (2010). Keterampilan Menyimak (online) terserdia di: http://mbahbrata-edu.blogspot.com/2010/04/keterampilan-menyimak.html (31 maret 2015)
Budiarti, Wahyu Nuning. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E Modul ) Keterampilan Berbahasa dan Sastra Indonesia SD untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Mahasiswa PGSD. Tersedia di https://journal.upy.ac.id/index.php/es/article/view/996/856 (1 Januari 2021)
Ernawati, NLS. (2020). Menumbuhkan Keterampilan Menyimak Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Tersedia di https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnalbahasa/article/view/3525/pdf (Oktober2020)
Haryoko, Sapto.2009. Efektifitas Pemanfaatan Audio Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran: Jurnal Edukasi@Pendidikan Volume 5 No 1 Maret 2009.
Khaliq, Abdul. dkk. (2020). Penaruh Penunaan Media Boneka Tanan Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Kelas I di SDIT Robbani Banjar Baru. Tersedia di https://ojs.uniskabjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/2883/pdf
Khoir, Muhammad Hamid. (2020). Pengembangan media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Metode Penelitian. tersedia di http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpensil/article/view/13453/8070 (1januari 2020)
Kustandi, Cecep dan Bambang Sucipto. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Marini, Netti. (2020). Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi dengan Model Pembelajaran Mind Mapping, tersedia di https://journal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/461/409 (Juli 2020)
Moleong. Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya
Mudjianto dan Susanto gatot. 2010. Materi Pembelajaran menyimak. Malang; A3Malang.
Nurhayani, Isma. (2010). Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia tersedia di https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/36/36 Tahun 2010
Oktaviani, F.P. (2015). Teknik Pembelajaran Menyimak. (online) tersedia di http://fajrinstation.blogspot.com/2010/04teknpendidikan-bahasa-di-kelas.html(31 Maret 2015)
Pebriana, Ulifatus. Dk. (2017). Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Model Pembelajaran Artikulasi dan Media Boneka Tangan pada Pembelajara Tematik Kelas 1 SDN Pojok II Kedungadem Bojonegoro. Tersedia di https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/4826 September 2017
Purwono, Joni. (2014). Penggunaan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Tersedia di https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tp/article/view/3659/2560 (April 2014)
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Susilo, Sigit Pebrianto. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Tersedia di http://jurnal.unma.ac.id/index.php/Cp/article/view/2100/1867 (2Juli 2020)
Syamsuddin, Vismania S. Damaianti. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung : Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Bekerjasama dengan PT Remaja Rosdakarya
(April 2020)
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/cling.v4i1.2423
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
CAKRAWALA LINGUISTA
e-ISSN : 2597-9787
p-ISSN : 2597-9779
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285245145680
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
Cakrawala Linguista is Indexed By