PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IX H SMP 5 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 MELALUI PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan keterampilan menyusun teks cerita pendek siswa kelas IX H SMP 5 Semarang dan 2) meningkatkan hasil belajar pemahaman dalam menyusun cerpen siswa kelas IX H SMP 5 Semarang. Berdasarkan KD 4.6 Mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan, siswa kelas IX SMP 5 Semarang masih belum sempurna. Standar ketuntasan belajar yang telah ditetapkan sebesar 80, namun nilai rata-rata menyusun cerpen hanya 79. Model Problem Based Learning adalah model yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Data hasil penelitian menggunakan model Problem Based learning menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan menyusun cerpen mengalami peningkatan dari siklus 1 sebesar 82,46 menjadi 89,15 pada siklus II atau meningkat sebesar 8,11%. Hasil belajar aspek pemahaman teks cerpen meningkat dari 78,09 pada siklus 1 menjadi 89,53 pada siklus II. Ini berarti terjadi peningkatan sebesar 34,5%. Maka dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berhasil meningkatkan keterampilan menyusun cerpen secara sangat siknifikan serta meningkatkan pemahaman menyusun cerpen secara siknifikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, M.Taufik.2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta:Kencana Prenada Media Group
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Kamdi. 2014. Strategi belajar dan Pembelajaran Implementasi kurikulum 2013. Bandung: yrama Widya.
Kosasih, Engkos dan Restuti. 2013. Mandiri Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlanggga
Kusmayadi, Ismail. 2010. Lebih Dekat dengan Cerpen. Jakarta: Trias Yoga Kreasindo.
Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Subyantoro. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Rumah Indonesia.
Sugiarto, Eko. 2013. Cara Mudah Menulis Pantun Puisi Cerpen. Yogyakarta: Khitah Publishing.
Suharianto, S. 2005. Dasar-dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia.
Shoimin, Aris.2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/cling.v2i2.1540
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
CAKRAWALA LINGUISTA
e-ISSN : 2597-9787
p-ISSN : 2597-9779
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285245145680
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
Cakrawala Linguista is Indexed By