Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills Peserta Didik SMA Negeri di Kota Singkawang pada Materi Hukum Archimedes
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifiyanti, Fitria. (2016). Pengembangan Physics Comprehensive Contextual Teaching Material Berbasis KKNI Pada Materi Usaha dan Energi Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills dan Scientific attitude Peserta. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak Dipublikasikan.
Direktorat Pembinaan SMA. (2015). Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill’s. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Menengah Kemendikbud.
Dunst, C.J., Hamby, D.W., & Trivette, C.M. (2004). Guidelines for Calculating Effect Sizes for Practice-Based Research Syntheses. Evidence-Based Approaches to Early Childhood Development, 3(1).
Eggen, P., & Kauhack, D. (2012). Starategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir( Edisi Keenam). (Terjemahan Satrio Wahono). Jakarta: PT. Indeks.
Hidayati, A.U. (2017). Keefektifan Pendekatan Problem Based Learning dan Pendekatan Saintifik Ditinjau dari Higher Order Thinking Skills dan Karakter siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Semester Genap. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak Dipublikasikan.
Jayanti, R.A., dkk. (2016). Efektivitas Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning (PBL) Melalui Metode POE Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung. pp. 208-214.
Kemendikbud. (2016). Lampiran Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2015). Hasil Ujian Nasional 2015. http://118.98.234.50/lhun/ grafik.aspx. (Diakses tanggal 27 Juli 2017).
Ramos, J.L.S., et al. (2013). Higher Order Thinking Skillss and Academic Performance in Physics of College Students: A Regression Analysis. International Journal of Innovative Interdisciplinary Research. 48-60.
Rhem, J. (1998). Problem-Based Learning: An Introduction. Dalam Featured Articles, 8(1).
Salkind, N.J. (2007). Encyclopedia Of Measurement And Statistics. California: Sage Publications Inc.
Sumarli, S. (2018). Analisis Model Pembelajaran Tipe Think-Pair-Share Berbasis Pemecahan Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(1), 8-13.
Sumarli, S., Nugroho, S. E., & Yulianti, I. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berpendekatan Inquiry terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Physics Communication, 2(1), 63-69.
Suparno, Paul S.J. (2013). Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
The Economic Intellegence Unit. (2014). The Learning Curve Report. London: Pearson.
Tipler, Paul A. (1998). Fisika Untuk Sains dan Teknik Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v1i2.810
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
VARIABEL
e-ISSN : 2599-3038
p-ISSN : 2599-302X
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
VARIABEL IS INDEXED BY
Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.