Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di SMP

Nurul Husna, Munawarah Munawarah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran problem soving untuk dapat melihat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dan untuk melihat keterlaksanaan model pembelajaran problem solving dalam pembelajaran di kelas VII MTs Ushuluddin Singkawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Pretest-Posttest  Control Design. Adapun yang menjadi kelas sampel adalah kelas VII D sebagai kelas ekperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik  probability sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal kemampuan komunikasi matematis dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi himpunan di kelas VII MTs Ushuluddin Singkawang. Hal tersebut ditunjukkan dengan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diberi pembelajaran model problem solving dengan siswa yang diberi pembelajaran yang konvensional, serta model problem solving  terlaksana sangat baik dalam pembelajaran matematika dengan persentase 87,61% untuk pertemuan pertama dan  92,28% untuk pertemuan kedua.

Keywords


Problem Solving; Kemampuan Komunikasi Matematis

Full Text:

PDF

References


Anisa, W.N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik untuk Siswa SMP Negeri di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1).

Asikin, M., & Junaedi, I. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP dalam Setting Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education). Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2(1).

Kurniawan, D. (2011). Pembelajaran Terpadu (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Pustaka Cendekia Utama.

Mariyam, Sugiatno, & Suratmat, D. (2016). Pengembangan Soal untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi dan Translasi Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(5).

Pratiwi, D.D. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika sesuai dengan Gaya Kognitif pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Disertasi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Prayitno, A.T. (2014). Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe FSLC Bernuansa Konstruktivisme pada Materi Turunan Fungsi untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA. Euclid, 1(1).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutikno, M.S. (2014). Metode dan Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Wahyuni, R., Utami, C., & Husna, N. (2016). Pengaruh Model Role Playing terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Fungsi Komposisi Kelas XI SMA Negeri 6 Singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(2), 81-86.

Walle, J.V.D. (2010). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Pengembangan Pengajaran. Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v1i1.575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publication of Scientific Journals

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact: [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

                


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.