Penerapan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kearifan Lokal Tenun Ikat untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Gaya dan Hukum Newton

Dorkas Enggelina Manao, Vivi E. R. Husin, Infianto Boimau

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa dengan penerapan bahan ajar fisika berbasis kearifan lokal tenun ikat pada materi Gaya dan Hukum Newton. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas X sebanyak 50 orang dan sampel yang digunakan adalah kelas X1 sebanyak 27 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan lembar angket minat belajar dengan 15 pernyataan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi bahan ajar dari 3 orang validator diperoleh nilai rata-rata persentase materi sebesar 76,92% dengan kategori valid dan nilai rata-rata persentase media sebesar 79,62% dengan kategori valid. Hasil analisis N-Gain diperoleh bahwa besar peningkatan minat belajar menggunakan bahan ajar fisika berbasis kearifan lokal tenun ikat sebesar 0,82 dengan kategori tinggi. Rata-rata persentase minat belajar siswa sebelum dan sesudah di terapkan bahan ajar fisika berbasis kearifan lokal tenun ikat secara keseluruhan untuk semua indikator sebesar 56,8% dengan kategori cukup baik menjadi 93,2% dengan kategori sangat baik.

Kata Kunci:

Bahan Ajar Fisika; Kearifan Lokal; Gaya; Hukum Newton; Minat Belajar


Implementation of Physics Teaching Materials Based on Local Wisdom of Ikat Weaving to Increase Students’ Learning Interest in Force and Newton Law

ABSTRACT

This research aimed to determine the increase in students' interest in learning by applying physics teaching materials based on local ikat weaving on Force and Newton's Laws. The research used was quantitative research with quantitative descriptive methods. The population used was 50 class X students and the sample used was class X1 with 27 people. The research instruments used in this research were a validation sheet and a learning interest questionnaire sheet with 15 statements. The data analysis technique used descriptive analysis techniques. The results showed that the results of the validation of teaching materials from 3 validators obtained an average material percentage value of 76.92% in the valid category and an average media percentage value of 79.62% in the valid category. Meanwhile, the results of the N-Gain analysis showed that the increase in interest in learning using physics teaching materials based on local ikat weaving was 0.82 in the high category. The average percentage of students' interest in learning before and after applying physics teaching materials based on local ikat weaving overall for all indicators was 56.8% in the quite good category to 93.2% in the very good category.


Keywords


Physics Teaching Materials; Local Wisdom; Force; Newton Law; Learning Interest

Full Text:

PDF

References


Alifiyanyti, F. I., Afifah, H. F., & Ramadoan, N. (2018). Pemanfaatan Learning Management System (LMS) Berbasis Edmodo Materi Fluida Dinamis Untuk Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya, 155-162

Aminoto, Tugiyo., & Pathoni, Hairul. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi DI Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, 8(1), 13-29

Anggreani, W. S., Yayan, A., Depi, P., & Euis, W. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5, 5313-5327.

Astawa. (2015). Pengembangan Kurikulum Geografi Berbasis Kearifan Lokal Untuk Sekolah Mengenah Pertama (SMP) Pada Kawasan Upland Bali Dan Implikasinya Terhadap Sikap Kosmosetris Siswa. 153-158.

Atto, T. Y. (2020). Eksplorasi Konsep-Konsep Fisika Pada Pembuatan Tenun Ikat Yang Terdapat Pada Masyarakat di Sekitar Benteng None.

Bakhtiar, D. (2016). Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Terintegrasi STM (Sains, Teknologi, dan Masyarakat) Pada Mata Pelajaran Fisika. Seminar Nasional Pendidikan, 1, 650-660.

Husin, V. E., & Billik, A. H. (2019). Identifikasi Konsep Fisika Pada Kearifan Lokal Anyaman di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Fisika Sain dan Aplikasinya, 4, 153-158.

Jaba, J., Palittin, Vyalentine D., & Nur, A. S. (2018). Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Merauke, 6(1), 65-73

Julisma, S., Matsun., & Sari, N. I. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kelas VIII SMP N 1 Mempawah Hilir Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Gaya. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran, 1, 106-119.

Matondang, Z. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individuallization (TAI) untuk Meningkatkan Minat Belajar Fisika. Jurnal Sintaksis, 4, 2.

Pasaribu, D. S. (2017). Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Materi Listrik Dinamis di Kelas X Sman 10 Muaro Jambi. EduFisika, 2(1), 61-69

Rahayu, A., Sutikno, & Masturi. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Hukum Newton Menggunakan Fotonovel Berbasis Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 4, 33-38.

Sae, F. S., Husin, V. E. R., & Mellu, R. N. (2021). Pengembangan bahan ajar fisika berbasis kearifan lokal anyaman nyiru untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Variabel, 4(1), 27-33.

Sudiatmika, A. R. (2013). Pendidikan Sains Berlandaskan budaya lokal Tri Kaya Parisudha. Seminar Nasional Fisika, 15-28.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v6i2.4737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact[email protected][email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

           


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.