Pembelajaran Materi Optika Berbasis Keterampilan Proses Sains terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika

Vivi Elvi Rosanti Husin, Infianto Boimau

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa pendidikan fisika pada pembelajaran materi optika berbasis keterampilan proses sains. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, Desian penelitian yang digunakan adalah one grup pretest-posttest. Populasi dan sampel yang digunakan adalah mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Fisika yang berjumlah 11 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes untuk mengukur hasil belajar ranah kognitif mahasiswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalized gain dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan pada mahasiswa pendidikan fisika setelah diterapkan pembelajaran materi optika berbasis keterampilan proses sains. Hal ini dapat dilihat dari nilai n-gain sebesar 0,95 dengan kategori tinggi.

Kata Kunci:

Keterampilan Proses sains; Materi Optika; Hasil Belajar

 

The Learning of Optics Based on Science Process Skills to the Improvement of the Learning Outcomes of Physics Education Students

ABSTRACT

This study aimed to determine the improvement of the learning outcomes of physics education students in learning optics based on science process skills. The research method used was quantitative. The research design used was one group pretest-posttest. The population and sample used were 11 students in the fourth semester of the Physics Education Study Program. The data collection technique used was a test technique to measure student cognitive learning outcomes. The data analysis technique used in this study was a normalized gain test and t-test. The results showed a significant improvement in the learning outcomes of physics education students after applying optics learning based on science process skills. This could be seen in the high category's n-gain value of 0.95.


Keywords


Science Process Skills; Optics; Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Aji, S. D, Hudha, M. N. & Rismawati, A. Y. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Science Education Journal, 1(1), 36-51.

Husin, V. E., Wiyanto, W., & Darsono, T. (2018). Integrasi Kearifan Lokal Rumah Umekbubu dalam Bahan Ajar Materi Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Physics Communication, 2(1), 26-35.

Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmui, K. (2018). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2097-2107.

Kustijono, R., Jatmiko, B., & Ibrahim, M. (2018). The Effect of Scientific Attitudes Toward Science Process Skills in Basic Physics Practicum by Using Peer Model. International Journal of Geomate, 15(50), 82–87.

Mala, N. A. & Widodo, W. (2017). Kelengkapan Media Dalam Pembelajaran IPA Serta Keterampilan Proses Sains Pada Siswa Kelas VIII SMP. E-Journal Pensa, 5(3).

Markawi, N. (2015). Pengaruh keterampilan proses sains, penalaran, dan pemecahan masalah terhadap hasil belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1). 11-2.

Murni, M. (2018). Profil Keterampilan Proses Sains Siswa dan Rancangan Pembelajaran untuk Melatihkannya. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 118–129.

Rahmania., Ramlawati., & Rusli, M. A. (2020). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Keterampilan Proses Sains Materi Cahaya dan Optik. Jurnal IPA Terpadu, 4(1), 12-22.

Ratamun, M. M., & Osman, K. (2018). The effectiveness of virtual lab compared to physical lab in the mastery of science process skills for chemistry experiment. Problems of Education in the 21st Century, 76(4), 544.

Rosa, F. O. (2015). Pengembangan modul pembelajaran IPA SMP pada materi tekanan berbasis keterampilan proses sains. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1).

Saregar, A. (2016). Pembelajaran pengantar fisika kuantum dengan memanfaatkan media phet simulation dan LKM melalui pendekatan saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 53-60.

Siswono, H. (2017). Analisis pengaruh keterampilan proses sains terhadap penguasaan konsep fisika siswa. Momentum: Physics Education Journal, 1(2), 83-90.

Sundayana, R. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 75-84.

Tosun, C. (2019). Scientific process skills test development within the topic “Matter and its Nature” and the predictive effect of different variables on 7th and 8th grade students’ scientific process skill levels. Chemistry Education Research and Practice, 20(1), 160-174.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Zeidan, A. H., & Jayosi, M. R. (2015). Science Process Skills and Attitudes toward Science among Palestinian Secondary School Students. World journal of Education, 5(1), 13-24.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v6i1.4328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact[email protected][email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

           


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.