Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi LiveWire untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreativitas Siswa pada Materi Rangkaian Arus Searah

Gratchia Christa Elisabeth, Agustina Elizabeth, Yohanes Sudarmo Dua, Florentinus Primarius Naraama Koten

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas siswa kelas XII pada materi rangkaian arus searah dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan aplikasi LiveWire. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan 4 tahap, yaitu observasi awal, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Nita. Subjek penelitian ini adalah 29 siswa kelas XII MIPA 1 tahun ajaran 2022/2023. Adapun teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I, rata-rata hasil tes keterampilan berpikir kritis siswa adalah 50 masih belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 75 dan rata-rata kreativitas siswa adalah 71% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut maka penelitian perlu dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II, rata-rata hasil tes keterampilan berpikir kritis siswa adalah 82,4 telah meningkat melebihi nilai KKM dan rata-rata kreativitas siswa juga mengalami peningkatan menjadi 75,3% dengan kategori baik. Ini menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning berbantuan aplikasi LiveWire dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas siswa kelas XII MIPA 1 pada materi rangkaian arus searah.

Kata Kunci:

Discovery Learning; Keterampilan Berpikir Kritis; Kreativitas; Livewire; Rangkaian Arus Searah

 

Implementation of the Discovery Learning Model Assisted by the LiveWire Application to Improve Students’ Critical Thinking Skills and Creativity on Direct Current Circuits

ABSTRACT

This study aims to improve the critical thinking skills and creativity of class XII students on direct current circuits by applying the Discovery Learning model assisted by the LiveWire application. This study used a class action research method with 4 stages, namely initial observation, implementation of action, observation, and reflection. This research was conducted at SMAN 1 Nita. The subjects of this study were 29 students of class XII MIPA 1 for the 2022/2023 academic year. The data collection techniques used tests and observations. The data analysis technique used descriptive quantitative. The results showed in cycle I, the average test result for students' critical thinking skills was 50, they still did not reach the minimum completeness criteria (KKM) score of 75 and the average student creativity was 71% in the good category. Based on these results, the research needs to be continued in cycle II. In cycle II, the average test result for students' critical thinking skills was 82.4 which had increased beyond the KKM score and the average student creativity had also increased to 75.3% in the good category. This showed that the implementation of the Discovery Learning model assisted by the LiveWire application can improve the critical thinking skills and creativity of class XII MIPA 1 students on direct current circuits.


Keywords


Discovery Learning; Critical Thinking Skills; Creativity; LiveWire; Direct Current Circuit

Full Text:

PDF

References


Afifah, M. N. (2019). Keterampilan abad 21 dalam pembelajaran matematika berbasis proyek. Doctoral dissertation. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Fitriyah, N., Harijanto, A., & Sudarti, S. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Spektrum Gelombang Elektromagnetik Pada Siswa Sma Kelas XII Di Kabupaten Bondowoso. FKIP E-Proceeding, 3(1), 162-166.

Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2012). Gaya belajar: Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hanafi, M. (2021). Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis IPA siswa. Doctoral dissertation. UIN Mataram.

Hardyanto, W., Wahyuni, S., Akhlis, I., & Sugiyanto, S. (2022). Scratch Sebagai Solusi Simulasi Praktikum Digital di Masa Pandemi. Journal of Community Empowerment, 2(1), 7–11.

Hidayah, R. (2017). Pengaruh Praktikum Virtual Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Sistem Peredaran Darah Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Bandar Lampung. Doctoral dissertation. IAIN Raden Intan Lampung.

Hosnan, M.. (2014). Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kanna, R., Kristin, F., & Anugrahi, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA Kelas 5 SD. Kalam Cendekia, 6(4.1), 1–8.

Lestari, P. A. S., Gunawan, G., & Kosim, K. (2019). Model pembelajaran discovery dengan pendekatan konflik kognitif berorientasi pada kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1), 118-123.

Liliawati, W. (2011). Pembekalan keterampilan berpikir kreatif siswa sma melalui pembelajaran fisika berbasis masalah. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(2), 93-98.

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23.

Prasetyono, R. N. & Hariyono, R. C. S. (2020). Lembar kerja peserta didik berbasis Livewire untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMK. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(1), 39-50.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34-42.

Priandoko, H. W. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Menumbuhkan Sikap Cermat Dan Mandiri Serta Meningkatkan Nilai Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 1, 87–119.

Rini, A. P., Sa’diyah, I. K., & Muhid, A. (2021). Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Apakah Efektif dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa? Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2419–2429.

Sari, D. M., Surantoro, & Ekawati, E. Y. (2013). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Materi Termodinamika pada Siswa SMA. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 3(2), 33–39.

Schwab, K. (2018). The global competitiveness report 2018. World Economic Forum.

Sugiharti, N., & Gayatri, Y. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Muhammadiyah Kota Surabaya Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pedago Biologi, 9(1), 34–40.

Susana, A. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pembalajaran Matematika Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas VI SDN 03/X Tanjung Solok Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021. Journal on Education, 4(2), 592–605.

Syamsir, M., Danial, M., & Syahrir, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Berbasis Discovery Learning Berorientasi Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Chemistry, 3(2), 205-220.

Syawalia, N. F. (2022). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak dengan Memanfaatkan Bahan Anorganik Botol Plastik Melalui Kegiatan Membuat Mobil-Mobilan di Kelompok B PAUD Baihaqi Batu Bara TA. 2021-2022. Invention: Journal Research and Education Studies, 18-26.

Treffinger, D. J. (2007). Creative Problem Solving (CPS): Powerful tools for managing change and developing talent. Gifted and Talented International, 22(2), 8-18.

Widayanti, A. (2019). Penggunaan Metode Pembelajaran Group Investigation Untuk Pengajaran Matematika. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial dan Humaniora, 5(1), 73-82.

Widodo, A., Maria, R. A., & Fitriani, A. (2016). Peranan praktikum riil dan praktikum virtual dalam membangun kreatifitas siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1), 92–102.

Yanti, Y., Marzuki, Y., & Sawitri, Y. (2020). Meta-Analisis: Pengaruh Media Virtual Laboratory dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Kompetensi Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JPPF), 6(2).

Zakaria Ansori, Y. (2019). Keterampilan Matematika Di Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 112.

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and innovation skills untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. In 2nd Science Education National Conference, 13(2), 1-18.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v6i1.4089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact[email protected][email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

           


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.