Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle untuk Materi Momentum dan Impuls di Kelas X SMA

Mutiara Chelsiyanti, Haratua Tiur Maria Silitonga, Hamdani Hamdani

Abstract


Menghasilkan media pembelajaran berbasis moodle yang layak dan mengidentifikasi apakah terdapat peningkatan pada hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran berbasis moodle merupakan tujuan dari penelitian ini. Untuk merealisasikan tujuan penelitian, digunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, memiliki 5 tahap yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan produk berupa lembar validasi dan angket respon peserta didik. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Peserta didik diberikan soal pretest dan posttest sebanyak 15 soal pilihan ganda, untuk melihat apakah terdapat peningkatan pada hasil belajar mereka. Hasil validasi materi dan validasi media masuk dalam kriteria sangat baik, dengan skor rata-rata sebesar 4,37 dan 4,375. Berdasarkan hasil uji coba terbatas dan uji coba lapangan diperoleh persentase total sebesar 96,42% dan 86,76% dengan kriteria sangat layak. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis moodle untuk materi momentum dan impuls sudah valid dan layak. Berdasarkan hasil analisis data uji wilcoxon didapatkan bahwa terdapat peningkatan pada hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci:

Pengembangan Media Pembelajaran; Moodle; Momentum dan Impuls


Development of Moodle-Based Learning Media for Momentum and Impulse in Class X SMA

ABSTRACT

Produce Moodle-based learning media that are feasible and identifying whether there is an increase in student learning outcomes after using Moodle-based learning media were the goal of this study. To realize the research objectives, research and development (R&D) methods are used. The development model used was ADDIE, which have 5 stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The instrument used for evaluating appropriateness of product was validation sheet and student response questionnaire. The research data were analyzed by using the quantitative descriptive analysis techniques. The students were given a pretest and posttest questions as many as 15 multiple choice questions, to see if there is an improvement in their learning outcomes. The results of the material validation and media validation were included in the very good criteria, with an average score of 4.37 and 4.375. Based on the results of limited trials and field trials, the total percentages were 96.42% and 86.76% with very feasible criteria. So, it can be concluded that the Moodle-based learning media for momentum and impulse materials is valid and feasible. Based on the results of the Wilcoxon test data analysis, it was found that there was an increase in student learning outcomes.


Keywords


Development of Learning Media; Moodle; Momentum and Impulse

Full Text:

PDF

References


Alfran, R. T. Y. P., Rijanto, T., & Susila, I. W. (2022). Pengembangan Asesmen Berbasis WEB pada Pelajaran Perawatan Mesin Sepeda Motor di Sekolah Menengah Kejuruan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5033–5041.

Amiroh. (2012). Kupas Tuntas Membangun Learning Management System Moodle (2 ed.). Sidoarjo: Genta Grup Production.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arumy, C. E. (2018). Pengembangan Pocket Book Materi Momentum dan Impuls untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas X. Universitas Negeri Yogyakarta. Diambil dari https://eprints.uny.ac.id/55135/1/SKRIPSI FULL pdf fix.pdf

Branch, R. M. (2009). Instructional Design. Encyclopedia of Creativity, Invention, Innovation and Entrepreneurship. London: Springer Science.

Dahlan, M. S. (2010). Besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel. Jakarta: Salemba Medika.

Hamdi, H., Asrizal, & Kamus, Z. (2013). Pembuatan Multimedia Interaktif Menggunakan Moodle pada Kompetensi Mengamati Gejala Alam dan Keteraturannya untuk Pembelajaran Siswa SMA Kelas XI Semester 1. Pillar Of Physic Education, 1(April), 55–62.

Hanna, D., Sutarto, & Harijanto, A. (2016). Model Pembelajaran Tema Konsep Disertai Media Gambar Pada Pembelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 23–29.

Herayanti, L., Fuadunnazmi, M., & Habibi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle Pada Matakuliah Fisika Dasar Developing Moodle-Based Learning Media for Basic Physics. Cakrawala Pendidikan, (2), 210–219.

Hidayatulah, A., yushardi, Y., & Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Interaktif Dengan Aplikasi E-Learning Moodle Pada Pokok Bahasan Besaran Dan Satuan Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 4(2), 139047.

Irawan, R., & Surjono, H. D. (2018). Pengembangan e-learning berbasis moodle dalam peningkatkan pemahaman lagu pada pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 1–11.

Khoiriyyah, H. F. (2019). Efektivitas Penggunaan Media E-Learning Berbasis Moodle Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Hidrokarbon MA Sunniyyah Grobogan. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Mardiana, R. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SMK pada Materi Hubungan dengan Pelanggan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5062–5072.

Meianti, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual PowToon Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Promosi Produk Kelas X Pemasaran SMK Negeri Mojoagung. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 06, 109–114.

Mustika, I., Sasono, N., & Budiharti, R. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Interaktif dalam Bentuk Moodle untuk Siswa SMP pada Tema Biomassa Sumber Energi Alternatif Terbarukan. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 31–36.

Nuriyanti, D. D. & Utami, N. R. (2013). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle sebagai Media Pembelajaran Sistem Gerak di SMA. Unnes Journal of Biology Education, 2(3). Diambil dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujeb

Puspitasari, W. D. (2018). Pengembangan Media E-Learning dengan Moodle Sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika pada Konsep Usaha dan Energi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sampurno, Joyo P., Maulidiyah, R., & Zuliana Puspitaningrum, H. (2015). Implementasi Kurikulum 2013: MOODLE (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) dalam Pembelajaran Fisika melalui Lembar Kerja Siswa pada Materi Optik di SMA (Halaman 54 s.d. 58). Jurnal Fisika Indonesia, 19(56), 54–58.

Solidayah, W., Sunendiari, S., & Wachidah, L. (2015). Uji Modifikasi Peringkat Bertanda Wilcoxon Untuk Masalah Dua Sampel Berpasangan. Prosiding Statistika, 1–8.

Soong, B., Mercer, N., & Er, S. S. (2009). Students’ difficulties when solving physics problems: Results from an ICT-infused revision intervention. Proceedings of the 17th International Conference on Computers in Education, ICCE 2009, 361–365.

Sukardjo. (2005). Evaluasi Pembelajaran: Diktat Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran.

Tumijan, P. (2018). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Upaya Inovatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Materi Rangkaian Listrik Sederhana Untuk Siswa Kelas Vi Sd Penabur Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 50–55.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v5i2.3639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact[email protected][email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

           


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.