Penggunaan Media Laboratorium Virtual PhET Simulation untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Mahasiswa pada Mata Kuliah Eksperimen Fisika Sekolah
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Dedi, R. R., Wahab, A. J., & Jamal. (2020). PhET: Simulasi Interaktif dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10-14.
Henny. (2012). Penerapan Pembelajaran Generatif dengan Strategi Problem Solving untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA pada Materi Fluida Statis. Skripsi. Jurusan Pendidikan FPMIPA UPI Bandung. Tidak diterbitkan. Diakses pada tanggal 5 Januari 2014.
Hikmawati., Sutrio., & Mahesti, K. (2019). Pengenalan PhET Simulations sebagai Laboratorium Virtual. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(4), 480-483.
Permata, S. D., & Mariati, P. S. (2016). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inpafi, 4(4), 1-9.
Prihatiningtyas, S., Prastowo., & Jarmiko. (2013). Implementasi Simulasi PhET dan KIT Sederhana untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 18-22.
Saputra, T. B. R., Nur, M., & Purnomo, T. (2017). Pengembangan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan PhET untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Journal of Science Education and Practice, 1(1), 20-31.
Sinulingga, P. et al. (2016). Implementasi Pembelajaran Fisika Berbantuan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Listrik Dinamis. JPPPF (Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika), 2(1), 57-64.
Siti, I. M., Pujianti, B. D., Agustinus, A. E., & Muhamad Epi, R. (2020). Penggunaan PhET Simulation dalam Meningkatan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(2), 136-141.
Sugiana, I. N., Ahmad, H., Hairunnisyah, S., & Gunawan. (2016). Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 61-65.
Suhandi, A. (2009). Efektivitas Penggunaan Media Simulasi Virtual pada Pendekatan Pembelajaran Konseptual Interaktif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Meminimalkan Miskonsepsi. Jurnal Pengajaran MIPA, 13(1), 35-47.
Supurwoko et al. (2017). Virtual Lab Experiments: Physics Education Technology (PhET) Photo Electric Effect For Senior Highs School International. Journal of Science and Applied Science: Conf Series, 2(1), 381-386.
Tuhusula, T. S. et al. (2020). Eksperimen Menggunakan Virtual Lab Berbasis PhET Simulation Dalam Pembelajaran Fisika Pada Materi Gerak Parabola. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 128-135.
Yahya, F., Hermansyah., & Fitrianto, S. (2019). Virtual Experiment Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Getaran Dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1), 144-149.
Yatin, R. U., Hadma, Y., & Luvia, R. N. (2020). Kendala Mahasiswa dalam Menggunakan Simulasi Virtual PhET pada Pembelajaran Praktikum Gelombang selama Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika VI, 1-8.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v4i2.2607
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
VARIABEL
e-ISSN : 2599-3038
p-ISSN : 2599-302X
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
VARIABEL IS INDEXED BY
Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.