Penggunaan Media Laboratorium Virtual PhET Simulation untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Mahasiswa pada Mata Kuliah Eksperimen Fisika Sekolah

Yoan Theasy, Andi Bustan, Muhammad Nawir

Abstract


Pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 memiliki banyak keterbatasan, antara lain adalah kegiatan kuliah tatap muka serta kegiatan praktikum di laboratorium yang dialihkan ke sistem pembelajaran dalam jaringan. Hal ini mengakibatkan antara lain kemampuan pemahaman konsep mahasiswa dalam pembelajaran fisika menjadi menurun. Tujuan penelitian ini adalah memanfaatkan laboratorium virtual Physic Education and Technology (PhET) simulation sebagai media pembelajaran di masa pandemi Covid-19 sebagai salah satu solusi yang dapat dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika mahasiswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen berbentuk one group pretest-posttest design. Sampel penelitian yaitu mahasiswa Program studi Pendidikan Fisika Tahun Ajaran 2020/2021 sebanyak 26 orang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan satu kelas untuk diteliti yang diberi perlakuan dengan memanfaatkan laboratorium virtual Physic Education and Technology (PhET) simulation sebagai media pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pemahaman konsep dalam bentuk tes uraian. Pengambilan data dilakukan dua kali yaitu sebelum melakukan treatment (pretest) dan sesudah melakukan treatment (posttest), kemudian untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep fisika mahasiswa dilakukan uji N-gain. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar mahasiswa memperoleh kriteria tinggi dengan skor N-gain sebesar 0,732. Oleh karena itu hasil studi menyatakan bahwa penggunaan laboratorium virtual PhET simulation sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep fisika mahasiswa.

Keywords


Laboratorium Virtual; PhET Simulation; Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dedi, R. R., Wahab, A. J., & Jamal. (2020). PhET: Simulasi Interaktif dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10-14.

Henny. (2012). Penerapan Pembelajaran Generatif dengan Strategi Problem Solving untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA pada Materi Fluida Statis. Skripsi. Jurusan Pendidikan FPMIPA UPI Bandung. Tidak diterbitkan. Diakses pada tanggal 5 Januari 2014.

Hikmawati., Sutrio., & Mahesti, K. (2019). Pengenalan PhET Simulations sebagai Laboratorium Virtual. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(4), 480-483.

Permata, S. D., & Mariati, P. S. (2016). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inpafi, 4(4), 1-9.

Prihatiningtyas, S., Prastowo., & Jarmiko. (2013). Implementasi Simulasi PhET dan KIT Sederhana untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 18-22.

Saputra, T. B. R., Nur, M., & Purnomo, T. (2017). Pengembangan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan PhET untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Journal of Science Education and Practice, 1(1), 20-31.

Sinulingga, P. et al. (2016). Implementasi Pembelajaran Fisika Berbantuan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Listrik Dinamis. JPPPF (Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika), 2(1), 57-64.

Siti, I. M., Pujianti, B. D., Agustinus, A. E., & Muhamad Epi, R. (2020). Penggunaan PhET Simulation dalam Meningkatan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(2), 136-141.

Sugiana, I. N., Ahmad, H., Hairunnisyah, S., & Gunawan. (2016). Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 61-65.

Suhandi, A. (2009). Efektivitas Penggunaan Media Simulasi Virtual pada Pendekatan Pembelajaran Konseptual Interaktif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Meminimalkan Miskonsepsi. Jurnal Pengajaran MIPA, 13(1), 35-47.

Supurwoko et al. (2017). Virtual Lab Experiments: Physics Education Technology (PhET) Photo Electric Effect For Senior Highs School International. Journal of Science and Applied Science: Conf Series, 2(1), 381-386.

Tuhusula, T. S. et al. (2020). Eksperimen Menggunakan Virtual Lab Berbasis PhET Simulation Dalam Pembelajaran Fisika Pada Materi Gerak Parabola. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 128-135.

Yahya, F., Hermansyah., & Fitrianto, S. (2019). Virtual Experiment Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Getaran Dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1), 144-149.

Yatin, R. U., Hadma, Y., & Luvia, R. N. (2020). Kendala Mahasiswa dalam Menggunakan Simulasi Virtual PhET pada Pembelajaran Praktikum Gelombang selama Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika VI, 1-8.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v4i2.2607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact[email protected][email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

           


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.