Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Relasi Fungsi

Sofinawati Sofinawati, Citra Utami, Nindy Citroresmi Prihatiningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa pada materi relasi fungsi kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Singkawang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Instrumen pengumpulan data berupa lembar angket kemandirian belajar siswa, lembar pengamatan keterlaksanaan model pembelajaran dan tes kemampuan representasi matematis berupa soal Essay diujicobakan dengan menghitung validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Data dianalisis menggunakan uji N-gain, uji t, dan persentase deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat peningkatan kemampuan representasi matematis siswa terhadap model pembelajaran Snowball Throwing pada materi Relasi Fungsi yang dibuktikan dengan nilai N-Gain 0,47 kriteria sedang, (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran langsung dibuktikan dengan nilai t-test sampel independen sebesar 2,781 > t-tabel sebesar 2,021, (3) kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Singkawang tercapai pada model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan representasi matematis siswa dengan kriteria baik, (4) keterlaksanaan model pembelajaran Snowball Throwing tercapai yang dibuktikan dengan hasil observasi dari 2 kali pertemuan dengan kriteria sangat baik.

Keywords


Model Pembelajaran Snowball Throwing; Kemampuan Representasi Matematis; Kemandirian Belajar

Full Text:

PDF

References


Al Tabany & Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran inovatif, progresif, dan konstektual. Kencana: Prenadamedia group.

Aryanti, D., Zubaidah, & Nursangaji, A. (2012). Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tingkat Kemampuan Siswa pada Materi Segiempat di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 1-8.

Babys, U. (2016). Kemampuan Literasi Matematis Space And Shape Dan Kemandirian Siswa Pada Discovery Learning Berpendekatan RME-PISA. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(2), 43-49.

Ekowati, D,N. (2010). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan LKS terhadap Pencapaian Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Nurul Ulum Semarang pada Materi pokok Kubus dan Balok Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Febriastuti, Y.D. (2013). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 2 Geyer Melalui Pembelajaran Inkuiri Berbasis Proyek. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Hidayat, Moh. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas III Semester II di SDN 02 KarangWidoro. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Huda, Miftahul. (2014). Model –Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Khotimah, N, Utami, C, & Citroresmi, N. (2018). Penerapan Model Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Prisma. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(1),15-20.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics .United States 0f America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika IAIN Antasari, 1(2), 33-44.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sukertiasih, N.K. (2010). Implementasi Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Snowball Throwing pada Pokok Bahasan Limit Fungsi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Saraswati Mataram Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi. Mataram: Universitas Negeri Mataram.

Suliswa, Rosmayadi, & Buyung, (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 2(1), 37-41.

Utami, C, Dwijanto, & Djuniadi, (2015). Pembelajaran Model Generatif dengan Strategi Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(1), 26-33.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v3i2.2400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact[email protected][email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

           


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.