Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kearifan Lokal Anyaman Nyiru untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Albab, N.M. (2014). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Kearifan lokal pada Materi Hukum Newton untuk siswa SMA N I Sentolo Kelas X Kulon Progo. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Sains dan Teknologi.
Bakhtiar. (2016). Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Terintegrasi STM (Sains, Teknologi Dan Masyarakat) Pada Mata Pelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Universitas Jamber.
Borg, W.R. & Gall, M.D. (1989). Educational Research An Introduction. New York: Longman.
Husin, V., Wiyanto., & Teguh, D. (2018). Integritas Kearifan Lokal Rumah Umekbubu dalam Bahan Ajar Materi Suhu dan Kalor untuk meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Physics Communication, 2(1), 26-35.
Ibrahim, M. (2014). Inovasi Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Dalam Makalah Utama Seminar Nasional “Sains dan Inovasi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal”, 22 November 2014, IKIP Mataram.
Kuswandari, M., Sunarno, W., & Supurwoko (2013). Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMADengan Pendekatan Pada Materi Pengukuran Besaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 1, 41. Surakarta: Fakultas Keguruan danIlmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia. (ISSN: 2338 – 069).
Nurrahmi, R. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Kearifan Lokal Daerah Istimewa Yogyakarta UntukSiswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Oktaviani, W. Gunawan, & Sutrio. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1). Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. (ISSN. 2407-6902).
Rahayu, A., Sutikno., & Masturi. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Hukum Newton Menggunakan Fotonovela Berbasis Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 4, 33-37. p-ISSN: 2339-0654.
Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarata: Kencana Prenada Media Group.
Satriawan, M., & Rosmiati. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 6. (ISSN: 2089-1776).
Sundayana, H.R. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tanjung, A., & Fahmi, M. (2015). Urgensi Pengembangan Bahan Ajar Geografi Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(1).
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep,Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v4i1.2321
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
VARIABEL
e-ISSN : 2599-3038
p-ISSN : 2599-302X
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
VARIABEL IS INDEXED BY
Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.