Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kearifan Lokal Anyaman Nyiru untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa

Foni S Sae, Vivi Elvi Rosanti Husin, Ruth N.K Mellu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar fisika berbasis kearifan lokal anyaman Nyiru untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Kristen 1 SoE pada materi Hukum Newton. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Tahapan penelitian ini menggunakan beberapa langkah-langkah, yaitu (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan informasi; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) perbaikan produk; (6) uji coba lapangan (skala kecil). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes, lembar angket validasi, dan angket respon siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik angket. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan metode presentase. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan dan analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil validasi dan respon siswa serta uji Normalized gain untuk melihat peningkatan pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi bahan ajar oleh 4 orang validator dengan rata-rata persentase media bahan ajar adalah 79% dengan kategori valid dan rata-rata persentase materi adalah 82% dengan kategori valid. Nilai N-gain terhadap pemahaman konsep siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,82 dengan kriteria tinggi dan data terhadap respon siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 74,86% dengan kriteria Baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis kearifan lokal anyaman Nyiru yang dikembangkan valid sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran fisika di sekolah.

Keywords


Bahan Ajar Fisika; Kearifan Lokal; Anyaman Nyiru; Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Albab, N.M. (2014). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Kearifan lokal pada Materi Hukum Newton untuk siswa SMA N I Sentolo Kelas X Kulon Progo. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Sains dan Teknologi.

Bakhtiar. (2016). Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Terintegrasi STM (Sains, Teknologi Dan Masyarakat) Pada Mata Pelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Universitas Jamber.

Borg, W.R. & Gall, M.D. (1989). Educational Research An Introduction. New York: Longman.

Husin, V., Wiyanto., & Teguh, D. (2018). Integritas Kearifan Lokal Rumah Umekbubu dalam Bahan Ajar Materi Suhu dan Kalor untuk meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Physics Communication, 2(1), 26-35.

Ibrahim, M. (2014). Inovasi Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Dalam Makalah Utama Seminar Nasional “Sains dan Inovasi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal”, 22 November 2014, IKIP Mataram.

Kuswandari, M., Sunarno, W., & Supurwoko (2013). Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMADengan Pendekatan Pada Materi Pengukuran Besaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 1, 41. Surakarta: Fakultas Keguruan danIlmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia. (ISSN: 2338 – 069).

Nurrahmi, R. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Kearifan Lokal Daerah Istimewa Yogyakarta UntukSiswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Oktaviani, W. Gunawan, & Sutrio. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1). Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. (ISSN. 2407-6902).

Rahayu, A., Sutikno., & Masturi. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Hukum Newton Menggunakan Fotonovela Berbasis Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 4, 33-37. p-ISSN: 2339-0654.

Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarata: Kencana Prenada Media Group.

Satriawan, M., & Rosmiati. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 6. (ISSN: 2089-1776).

Sundayana, H.R. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tanjung, A., & Fahmi, M. (2015). Urgensi Pengembangan Bahan Ajar Geografi Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Geografi, 20(1).

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep,Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v4i1.2321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact[email protected][email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

           


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.