Literasi Teknologi: Desain Prototype untuk Mendeteksi Bencana Kebakaran Menggunakan Teknologi IoT Berbasis Raspberry Pi

Yazid Mubasir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi teknologi peserta didik melalui teknologi Internet of Things (IoT) berbasis Raspberry Pi dan aplikasi grapi (Aplikasi Monitoring Grafik dan Api) yang memiliki fungsi mendeteksi bencana kebakaran. Modul mikrokomputer Raspberry Pi dengan bahasa pemrogaman python digunakan untuk menterjemahkan data yang diperoleh sensor suhu dan sensor api. Sensor tersebut memonitor area lingkungan sekitarnya dan  mengumpulkan data yang diperoleh. Sensor mengambil data suhu/kelembaban dan keberadaan api, kemudian dibaca oleh modul Raspberry Pi. Modul akan mengirimkan pesan text peringatan ke aplikasi di smartphone peserta didik, apabila sensor api menangkap sinyal keberadaan api. Pada waktu yang bersamaan, modul juga mengirimkan data suhu/kelembaban dan kondisi lingkungan ke database server. Peserta didik menggunakan aplikasi berbasis android yang diberi nama “grapi” yaitu Aplikasi Monitoring Grafik dan Api untuk menampilkan dan menganalisis text dan grafik yang datanya diperoleh dari database server. Hasil analisis oleh peserta didik sebagai dasar untuk pengambilan keputusan yang berkaitan dengan bencana kebakaran.

Keywords


Grafik; IoT; Kebakaran; Literasi; Raspberry Pi

Full Text:

PDF

References


Berg, C. A. & Phillips, D. G. (1994). An investigation of the relationship between logical thinking structures and the ability to construct and interpret line graphs. Journal of Research in Science Teaching, 31, 323–344.

Chaudhury, S., Mandeltort, L., Mulnix, A., Vandegrift, E., Yates, J. (2015). Using Scientific Visualization to Enhance the Teaching and Learning of Core Concepts. In: Baylen D., D'Alba A. (eds) Essentials of Teaching and Integrating Visual and Media Literacy. Springer Cham, 185-202.

Donat, W. (2018). Learn Raspberry Pi Programming with Python: Learn to Program on the World’s Most Popular Tiny Computer. California: Apress

Larkin, J.H. (1981). Understanding and Problem Solving in Physics. Research in Science Education: New Questions New Directions, 115-130.

Mckenzie, D.L. (1986). The Construction and Validation Of The Test Of Graphing In Science (TOGS). Journal Of Research In Science Teaching, 23(7), 571-579.

Planinic, M., Zeljka Milin-Sipus, Helena Katic, Ana Susac, and Lana Ivanjek. (2012). Comparison Of Student Understanding Of Line Graph Slope In Physics And Mathematics. International Journal of Science and Mathematics Education, 10, 1393–1414.

Rodríguez, Molano J.I., Medina, V.H., Moncada, & Sánchez J.F. (2016). Industrial Internet of Things: An Architecture Prototype for Monitoring in Confined Spaces Using a Raspberry Pi. In: Tan Y., Shi Y. (eds) Data Mining and Big Data. DMBD 2016. Lecture Notes in Computer Science, 9714. Springer, Cham.

Saeed, F., Paul, A., Rehman, A., Hong, W.H., & Seo, H. (2018). IoT-Based Intelligent Modeling of Smart Home Environment for Fire Prevention and Safety. J. Sens. Actuator Netw, 7, 11.

Tan, L., & Wang, N. (2010). Future internet: the internet of things. IEEE Conference Publications, 5, V5–376–V5–380.

Ulrich, Sendler. (2018). The Internet of Things_ Industrie 4.0 Unleashed. Springer Vieweg.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v3i2.2198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact[email protected][email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

           


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.