Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Media LKS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Aljabar

Nindy Citroresmi Prihatiningtyas, Rika Wahyuni, Rani Milantika

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terhadap model pembelajaran  Cooperative Script pada materi aljabar; (2) Untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Cooperative Script terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi aljabar; (3) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Cooperative Script pada materi aljabar; Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Non Equivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan  adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, lembar keterlaksanaan pembelajaran dan angket motivasi belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; (2) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Cooperative Script berada pada kriteria baik; (3) Motivasi belajar siswa setelah diajarkan dengan model Cooperative Script tergolong sangat tinggi.

Keywords


Cooperative Script; Kemampuan Pemecahan Masalah; Aljabar

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

BSNP. (2006). Draft Final Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Depdiknas.

Citroresmi, N & Nurhayati. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(1), 13–18.

Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004, Standart Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum. Balitang.

Khotimah, N. (2018). Penerapan Model Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Prisma. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 15–20.

Lestari, dan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics. Inc.

Novianti, E., Isrok’atun, & Kurniadi, Y. (2016). Pendekatan Eksploratif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 401−410.

Nur, dan Wikandri. (2004). Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Pendekatan Kontruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya.

Primandiri. (2010). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII A SMPN 2 Nanggulan Dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square. Skripsi. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak Dipublikasikan.

Sari, A.N., Wahyuni, R., & Rosmaiyadi. (2016). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 10 Pemangkat. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 20-24.

Siregar, & Nara. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sjukur, B. (2012) Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368-378.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.

TIMSS. (2011). International Result in Mathematics. USA: TIMSS & PIRLS International Study Center and IEA.

Yustisia. (2007). Panduan Lengkap KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Yogyakarta: Pustaka Yustisia.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v2i2.1819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publication of Scientific Journals

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact: [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

                


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.