Komunikasi Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Berbantuan Alat Peraga Dinding Diagram (Dinggram) Venn

Nindy Citroresmi Prihatiningtyas, Buyung Buyung, Resi Januarsi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan alat peraga Dingram Venn terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi himpunan di kelas VII SMP Negeri 8 Singkawang. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental.Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII yang terdiri dari lima kelas yang berjumlah 130 siswa. Sampel diambil dengan teknik purposive sample. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan komunikasi matematis siswa (posttest), lembar aktivitas dan lembar angket motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent Sample T-Test, uji Effect Size, menghitung rata-rata persentase dari tiga pengamat dan menghitung rata-rata skor motivasi belajar seluruh siswa pada setiap indikator motivasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan alat peraga dinggram venn dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung; (2) pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan alat peraga dinggram venn terhadap kemampuan komunikasi siswa tergolong tinggi; (3) aktivitas belajar siswa tergolong sangat aktif; (4) motivasi belajar siswa tergolong sangat tinggi.

Keywords


Student Facilitator and Explaining; Dinggram Venn; Kemampuan Komunikasi; Himpunan

Full Text:

PDF

References


Buyung, B., & Nirawati, R. (2018). Pengaruh Karakter Kerja Keras terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 21-25.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Hija, A., Nirawati, R., & Prihatiningtyas, N. C. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Peluang Kelas X MIPA. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 25-33.

Lestari, K. E, dan Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika: Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Karya Ilmiah dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi disertai dengan Model dan Kemampuan Matemat. Bandung: PT Refika Aditama.

Nurhayati (2016). Pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining(SFE) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Satria Pekanbaru. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru. Tidak dipublikasikan.

Parera, E. K. A (2015). Pemanfaatan Papan Berpaku pada pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar Materi Menghitung Luas Persegi dan Luas Persegi Panjang Kelas III SD Negeri Timbulharjo Yogyakarta. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Tidak dipublikasikan.

Prayitno, S., Suwarsono, dan Tatag. (2013). Komunikasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Seminar nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 2(1), 13-23.

Sari, P. A. (2016). Pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMA. Skripsi. FKIP Pasundan University Bandung. Tidak Dipublikasikan.

Siregar, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Suliswa, S., Rosmaiyadi, R., & Buyung, B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(1), 37-41

Wahyuni, R . Utami, C. Husna, N. (2016). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Fungsi Komposisi Kelas XI SMA Negeri 6 Singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 81-86.

Wiradnyana (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1-12.

Zahra, C. Widyawati, S. Ningsih. E. F. (2017). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) Berbantuan Alat Peraga Kotak Imajinasi Ditinjau dari Kecerdasan Spasial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 97-104.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v2i2.1818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publication of Scientific Journals

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact: [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

                


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.