Komunikasi Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Berbantuan Alat Peraga Dinding Diagram (Dinggram) Venn
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buyung, B., & Nirawati, R. (2018). Pengaruh Karakter Kerja Keras terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 21-25.
Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Hija, A., Nirawati, R., & Prihatiningtyas, N. C. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Peluang Kelas X MIPA. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 25-33.
Lestari, K. E, dan Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika: Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Karya Ilmiah dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi disertai dengan Model dan Kemampuan Matemat. Bandung: PT Refika Aditama.
Nurhayati (2016). Pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining(SFE) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Satria Pekanbaru. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru. Tidak dipublikasikan.
Parera, E. K. A (2015). Pemanfaatan Papan Berpaku pada pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar Materi Menghitung Luas Persegi dan Luas Persegi Panjang Kelas III SD Negeri Timbulharjo Yogyakarta. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Tidak dipublikasikan.
Prayitno, S., Suwarsono, dan Tatag. (2013). Komunikasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Seminar nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 2(1), 13-23.
Sari, P. A. (2016). Pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMA. Skripsi. FKIP Pasundan University Bandung. Tidak Dipublikasikan.
Siregar, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.
Suliswa, S., Rosmaiyadi, R., & Buyung, B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(1), 37-41
Wahyuni, R . Utami, C. Husna, N. (2016). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Fungsi Komposisi Kelas XI SMA Negeri 6 Singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 81-86.
Wiradnyana (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1-12.
Zahra, C. Widyawati, S. Ningsih. E. F. (2017). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) Berbantuan Alat Peraga Kotak Imajinasi Ditinjau dari Kecerdasan Spasial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 97-104.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v2i2.1818
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
VARIABEL
e-ISSN : 2599-3038
p-ISSN : 2599-302X
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
VARIABEL IS INDEXED BY
Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.