Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Alat Peraga Puzzle Pythagoras

Devi Sasmita, Citra Utami, Nindy Citroresmi Prihatiningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif berbantuan alat peraga puzzle Pythagoras terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 8 Singkawang. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental.Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VIII yang terdiri dari empat kelas yang berjumlah 111 siswa. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa (posttest) dan lembar angket motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent Sample T-Test, uji Effect Size dan menghitung rata-rata skor motivasi belajar seluruh siswa pada setiap indikator motivasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran generatif berbantuan alat peraga puzzle pythagoras dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung; (2) pengaruh model pembelajaran generatif berbantuan alat peraga puzzle pythagoras terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa tergolong tinggi; (3) motivasi belajar siswa tergolong tinggi.

Keywords


Model Pembelajaran Generatif; Puzzle Pythagoras; Kemampuan Pemahaman Konsep; Teorema Pythagoras

Full Text:

PDF

References


Ekaputri, Y. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII MTsN di Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal STKIP Pesisir Selatan, 1(1), 57-64.

Hamdani, D., Kurniati, E., & Sakti, I. (2012). Pengaruh model pembelajaran generatif dengan menggunakan alat peraga terhadap pemahaman konsep cahaya kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Exacta, 10(1), 79-88.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.

Lestari, L., & Surya, E. (2017). The Effectiveness of Realistic Mathematic Education Approach on Ability of Student’s Mathematical Concept Understanding. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 34(1), 91-100.

Nursuprianah, I. (2011). Pengaruh Alat Peraga Model Pythagoras Terhadap Kemampuan Matematika Siswa. Artikel. IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 54-65.

Ompusunggu, K. D. V. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematika dan Sikap Positif Terhadap Matematika Siswa SMP Nasrani 2 Medan Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Saintech, 6(4), 1-14.

Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Tujuan Matematika Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: BSNP

Prihatiningtyas, N.C. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(1), 13-18.

Siregar, E., & Nara, H. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: GI.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukma, Y. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Materi Sholat Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 003 Kecamatan Kampar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. (Tidak Dipublikasikan).

Utami, C. (2015). Pembelajaran Model Generatif dengan Strategi Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Unnes journal of Mathematics Education Research (UJMER), 4(1), 26-33.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v2i2.1816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publication of Scientific Journals

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact: [email protected][email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL INDEXED BY

                


  Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.