Pemahaman Siswa terhadap Konsep Hukum I Newton

Rambu Ririnsia Harra Hau, Nuri Nuri

Abstract


Salah satu kompetensi inti pelajaran fisika adalah siswa diharapkan memiliki kemampuan memahami konsep fisika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam memecahkan masalah. Terdapat banyak siswa yang setelah belajar fisika, tidak mampu memahami bahkan pada bagian yang paling sederhana sekalipun, banyak konsep yang dipahami secara keliru sehingga fisika dianggap sebagai ilmu yang sukar, ruwet, dan sulit. Pemahaman konsep merupakan bagian yang paling penting dalam pembelajaran fisika salah satunya pada materi hukum I Newton, peningkatan pemahaman konsep hukum I Newton perlu diupayakan demi keberhasilan siswa dalam belajar. Penulisan artikel ini bertujuan.untuk mendapatkan gambaran tentang pemahaman siswa terhadap konsep hukum I Newton. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode studi pustaka yang diperoleh dari literatur-literatur terkait seperti buku-buku pelajaran fisika, jurnal ilmiah, dan artikel-artikel di media internet. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman siswa terhadap konsep hukum I Newton mengalami miskonsepsi dalam menganalisis hubungan antara massa, gaya dan gerak benda. Untuk mengatasi miskonsepsi siswa ini menggunakan strategi pembelajaran aktif dan pembelajaran bermakna yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam mencari hubungan antara pengetahuan yang ada sebelumnya dan pengetahuan baru, salah satunya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan booklet dan penggunaan media pembelajaran pada materi hukum I Newton dalam kegiatan pembelajaran efektif mengatasi kesulitan siswa dalam memahami konsep hokum I Newton.

Keywords


Pemahaman Konsep; Hukum I Newton; Miskonsepsi

Full Text:

PDF

References


Ain, T. N. (2013). Pemanfaatan Visualisasi Video Percobaan GravityCurrent Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Materi Tekanan Hidrostatis. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2), 97-102.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2009). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives. Longman.Budikase, E. 1995. Fisika 3 Untuk Sekolah Menengah Umum Kelas 3 Program Ilmu Pengetahuan Alam. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan : Perum Balai Pustaka.

Astrina, S., Sahala, S., & Oktavianty, E. (2014). Remediasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Hukum Newton Menggunakan Jigsaw Berbantuan Booklet Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(1).

Depdiknas. (2002). Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Fisika SMA & MA. Jakarta: Balitbang.

Erlich, R. (2002). How do We Know if We are Doing a Good Job in Physics Teaching?. American Journal of Physics, 70(1), 25.

Gardner, H. (1999). The discipline mind: What all student should understand. New York: Simon dan Schuster Inc.

Hamidah., Darmadi, Wayan., Darsikin. (2016). Analisis Pemahaman Arti Fisis Konsep Hukum Newton Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 3(4).

Hasim, W. (2011). Identifikasi MiskonsepsiMateri Usaha Energi dan Gaya dengan Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI) pada Siswa SMP VIII Malangke Barat. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), 7(1), 25-37.

Hau, R. R. H., Marwoto, P., Putra, N. M. D., & Wiyanto, W. (2018). Deskripsi Kemampuan Representasi Matematik dalam Pemecahan Masalah Fisika pada Perkuliahan Listrik Magnet. Physics Communication, 2(1), 1-17.

Herman, Tatang. (2006). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa SMP. Disertasi. Doktor Program Pascasarjana UPI. (tidak dipublikasikan).

Lona, Y. D., Kamaluddin, K., & Fihrin, F. (2013). Analisis Hirarki Pemahaman Siswa Kelas XA SMA Negeri 5 Palu Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 1(1).

Maesyarah, M., Jufri, A. W., & Kusmiyati, K. (2015). Analisis Penguasaan Konsep dan Miskonsepsi Biologi dengan Teknik Modifikasi Certainty of Response Index pada Siswa SMP Se-Kota Sumbawa Besar. Jurnal Pijar Mipa, 10(1).

Masril & Asma, N. (2002). Pengungkapan Miskonsepsi Siswa Force Concept Inventory dan Certainity of Response Index. Jurnal Fisika Himpunan Fisika Indonesia, 5(5), 1-3. Available at: http://hfi.fisika.net.

Nashon, S. M. (2006). A proposed model for planning and implementing high school physics instruction. Journal of Physics Teacher Education Online, 3(1), 25-32.

Nursefriani, P. M., & Kamaluddin, H. (2016). Analisis Pemahaman Konsep Siswa SMA Lab-School Palu pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 4(2).

Piping, S. (2005). Penerapan Teori Multiple Intelligence dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Penabur, 4(5).

Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Saehana, S. (2015). Pengembangan Simulasi Komputer Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meminimalisir Miskonsepsi Fisika Pada Siswa SMA Di Kota Palu. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXV HFI Jateng & DIY. ISSN 0853-082.

Tampang, R.D & Werdhiana, I. K. (2016). Analisis Struktur Kognitif Mahasiswa Pada Konsep Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 4(1).

Trihono. (2015). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika dan Kemampuan Kerja Kelompok melalui Penerapan Konstruktivisme pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Playen Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika (JRKPF), 2(2).

Vosniadou, Stella. (1994). Capturing and Modelling Process of Conseptual Change. Pergamon, Learning and Instruction, 4, 45-69.

Yeo, S., & Zadnik, M. (2001). Introductory Thermal Concept Evaluation: Assessing Students Understanding. Jurnal Internasional Physics Teacher, 39, 496-505.

Yulaelawaty, E. (2002). Karakteristik Pembelajaran MIPA Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah. Disajikan pada seminar pembelajaran MIPA di FPMIPA IKIP Negeri Singaraja, 21 Desember 2002.

Yusup, Muhamad. (2012). Strategi Efektif Pembelajaran Fisika: Ajarkan Konsep. Makalah. Semnas MIPA unsri 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v2i2.1815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publication of Scientific Journals

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact: [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

                      


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.