Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMPN 1 Jagoi Babang

Nur Gustika, Rosmaiyadi Rosmaiyadi, Buyung Buyung

Abstract


Kemampuan literasi matematis siswa berperan penting dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 25 orang untuk kelas eksperimen dan 22 orang untuk kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan literasi matematis siswa dan angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan kemampuan literasi matematis siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran quantum teaching dan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan nilai thitung = 5,43 > ttabel = 1,68, (2) Kemampuan literasi matematis siswa mencapai ketuntasan individu dengan nilai thitung = 10,34 > ttabel = 1,71 bahwa rata-rata mencapai KKM ≥ 65, selanjutnya untuk ketuntasan klasikal yaitu Zhitung = 3,33 ≥ Ztabel = 1,64 disimpulkan bahwa ketuntasan klasikal siswa mencapai 70%, dan (3) Hasil rata-rata motivasi belajar siswa diperoleh sebesar 59,71 dengan kategori baik.

Keywords


Kemampuan Literasi Matematis; Quantum Teaching; Teorema Pythagoras; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Buyung, B., & Dwijanto, D. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematis melalui Pembelajaran Inkuiri dengan Strategi Scaffolding. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 112-119.

Buyung, B., & Nirawati, R. (2018). Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 21-25.

Diyarko, Budi. W. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Metakognisi Dalam Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Lembar Kerja Mandiri Mailing Merge. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1),70-80.

Johar, R. (2015). “Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika”. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 30-41.

Khotimah, N., Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2018). Penerapan Model Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Prisma. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 15-20.

Luvy. S. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau Dari Latar Belakang Pilihan Jurusan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa di STKIP Siliwangi Bandung. Jurnal pendidikan matematika, 1(1), 132-140.

Nara, H. Siregar. Eveline. (2014). Teori belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nilfitra. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP Negeri Sukajadi Pekanbaru.Skripsi. Tidak dipulikasikan.

Nola. N, Anton. P. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Ditinjau Darikemampuan Koneksi Matematika Peserta Didik. http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/viewFile/653/643. (diakses 11 januari 2018).

OECD. (2013). Draft PISA 2015 Assessment Framework. (Online). Tersedia. http://www.oecd.org/dataoecd/61/15/46241909. (diakses 3 febuari 2018).

OECD. (2013a). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving, and Financial Literacy. OECD Publishing. http://dx.doi.org/10.1787/9789264190511-en. (diakses 24 maret 2019).

Pratiwi. (2016). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas Viiipada Materi Teorema Pythagoras. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/6978 (diakses 25 maret 2019).

Rosmaiyadi, R. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Learning Cycle 7e Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Aksioma, 6(1), 12-19.

Rusmining, Waluya, S.B. & Sugianto. (2014). Analysis of Mathematics Literacy, Learning Constructivism and Character Education (Case Studies on XI Class of SMK Roudlotus Saidiyyah Semarang, Indonesia)”. International Journal of Education and Research, 2(8), 331-340.

Sadirman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali pers.

Sari, A.N., Wahyuni, R., & Rosmaiyadi. (2016). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 10 Pemangkat. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 20-24.

Silvia. M. (2015). Analisis Motivasi Belajar Internal Siswa Program Akselerasi Kelas VIII SMP Negeri 6 Ambon. Jurnal pendidikan, 3(1), 104-115.

Siti. M. (2018). Analisis Literasi Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Dan Pendidikan Karakter Mandiri. Jurnal unnes, 1(1), 318-325.

Sriwijaya. (2019). Pandangan Matematika Sebagai Aktivitas Insani Beserta Dampak Pembelajarannya. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101-118.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sunandar, Shodik. (2012). Hakekat Keaktifan Belajar. http://m4ya5a.blogspot.com/2012/05/hakikat-keaktifan-belajar.html. (diakses 28 April 2018).

Susanti. (2016). Penerapan Model Quantum Teaching dalam peningkatan Pembelajaran Matematikan tentamg Bangun Ruang Siswa Kelas V SD Negeri Mewek. Jurnal pendidikan, 4(2), 123-132.

Syahrida. K. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Sub Pokok Bahasan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)dan KelipatanPersekutuan Terkecil (KPK) Kelas VI SD Negeri 0605856 Medan. https://www.researchgate.net/publication/320728677 (diakses 29 maret 2018).

Umi, M. (2012). Penerapan Strategi Pembelajaran Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Konsep Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bangkok Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali. http://eprints.ums.ac.id/21589/12/naskah_publikasi (diakses 9 febuari 2018).

Wijiyanto. (2012). Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Bagi Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Sambon Banyudono Boyolali. http://eprints.ums.ac.id/20031(diakses 3 januari 2018).

Wiwin. (2018). Penerapan Model Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Getasan. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1),148-159.

Yunus, A. Tita, M. Hana, Y. (2017). Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksa.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v2i2.1719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publication of Scientific Journals

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact: [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

                      


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.