Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Rumus Senyawa dan Tata Nama Senyawa Kimia

Haryanti Tri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman dan aktivitas siswa dalam menyusun rumus dan memberi nama senyawa kimia dengan model Project Based Learning. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus pembelajaran dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Wirosari. Data dikumpulkan melalui teknik tes berupa tes hasil belajar siswa dan teknik non tes berupa observasi dan wawancara. Data dianalisis secara persentase deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dari 13,89% siswa yang tuntas pada prasiklus menjadi 19,44% pada siklus-1 dan mengalami kenaikan yang signifikan pada siklus-2 menjadi 80,56% dan terdapat peningkatan aktivitas siswa dimana saat pembelajaran siswa lebih aktif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi rumus senyawa dan tata nama senyawa kimia.

Keywords


PjBL; pemahaman; rumus senyawa; tata nama senyawa

Full Text:

PDF

References


Anshory, Irfan. (1987). Penuntun Pelajaran Kimia untuk SMA Kelas 1 Semester 1 dan 2. Bandung: Ganeca Exacta Bandung.

Faizah, Laily Sa’idatul., Afandy, Dermawan., & Su’aidy, Muhammad. (2013). Studi Pemahaman Konsep Tata Nama IUPAC Senyawa Anorganil Siswa Kelas X SMA N 9 Malang Semestaer 2 Tahun Pelajaran 2012/2013. http://jurnal-nline.um.ac.id/data/artikel/artikel BE8D436B26231961D55B5F59B2401428.pdf.

Haris, Abdul. (2014). Pendalaman Buku Teks kimia 1 Kelas X. Jakarta: Yudistira.

Jagantara, I Made Wirasana., Adnyana, Budi., & Widiyanti, Ni Luh Putu Manik. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Pembelajaran Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA. http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1300.

Maslukhah, Silvia Ayu., & Lutfi, Achmad. (2014). Pengembangan Permainan Tradisional Bentengan sebagai Media Pembelajaran Tata Nama Senyawa di Kelas X SMA. https://docplayer.info/35334667-Pengembangan-permainan-tradisional-bentengan-sebagai-media-pembelajaran-tata-nama-senyawa-di-kelas-x-sma.html.

Maula, Milla Minhatul., Prihatin, Jekti., & Fikri, Kamalia. (2014). Pengaruh Model PjBL (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengelolaan Lingkungan. http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/63447/MILLA%20MINHATUL%20MAULA.pdf?sequence=1&isAllowed=y.

Rahman, Abdul. (2013). Penerapan Model Make aMatch Pada Bahasan Tata Nama Senyawa untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X-4 SMA N 1 Sebulu. http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/prosiding/article/view/89. (Diakses tanggal 1 Maret 2013).

Samanthis, Alunanda., & Sulistyo, Edy. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Project Based Learning Pada Standar Kompetensi Memperbaiki Radio Penerima di SMKN 3 Surabaya. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/6328.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Warsono & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v3i1.1714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publication of Scientific Journals

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact: [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

                


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.