Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Model Learning Cycle 7E dan Problem Based Learning pada Materi Statistika
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cahdriyana, R. A., & Sujadi, Imam, R. (2014). Representasi Matematis Siswa Kelas VII Di SMP N 9 Yogyakarta Dalam Membangun Konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(6), 632–642.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7 (1 April), 40–47.
Fitri, N., Munzir, S., & Duskri, M. (2017). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 59–67.
Hasanah, N. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Berdasarkan Self- Concept Siswa Dengan Pembelajaran Learning Cycle 7E Pada Materi Garis Kelas VII SMP Negeri 1 DAU Malang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 102–116
Herlina, Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Materi Fungsi di Kelas VII SMP Bumi Khatulistiwa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(10), 1–9.
Imaniyah, I., Siswoyono, & Fauzi, B. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1), 17-24.
Istiawati, S. N., & Surya, E. (2016). Mathematical Representation Ability in Private Class XI SMA YPI Dharma Budi Sidamanik. Jurnal Saung Guru, 8 (2 April), 170–174.
Jenita, G., Sudaryati, S., & Ambarwati., L. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas X MIA 1 di SMAN 4 Bekasi. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 1(1), 11–18.
Khotimah, N., Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2018). Penerapan Model Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Prisma. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 15.
Laelasari, Subroto, T., & K, N. I. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Dalam Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Euclid, 1(2), 82–92.
Muzakir, M. Z., & Wijaya, P. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Dengan Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 7 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi, 6(2), 80–89.
Nadhifah, G., & Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 33–44.
Nayazik, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa dengan Model Ideal Problem Solving Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika 1. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 47–51.
Nurfatonah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Skripsi. Bandung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pasundan.
Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Argareta, M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 29–42.
Supriatna, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Melalui Cooperative Learnin Tipe Pair Checks VS problem Based Learning. Pendidikan Matematika Indonesia, 3(1), 1–6.
Syamarro, N., Saluky, & Winarso, W. (2015). Pengaruh Motivasi dan Persepsi Siswa pada Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di MTs Al-Hidayah Dukupuntang Kabupaten Cirebon (Pokok Bahasan Kubus dan Balok). Jurnal Eduma, 4(2), 105–111.
Yuniawatika. (2011). Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Strategi React Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar. Edisi Khusus, (1), 105–119.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v3i1.1317
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
VARIABEL
e-ISSN : 2599-3038
p-ISSN : 2599-302X
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
VARIABEL IS INDEXED BY
Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.