Eksplorasi Etnomatematika dalam Motif Tenun Kain Lunggi Sambas Kalimantan Barat dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Matematika
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussakir, A. (2012). Pembelajaran Geometri Sesuai Teori Van Hiele. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1).
Alfian. (2010). Profil Kerajinan Tenun Songket Sambas. Direktur Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. (Proses Penerbitan). Jakarta.
Diba, F., Zulkardi, Z., & Saleh, T. (2009). Pengembangan Materi Pembelajaran Bilangan Berdasarkan Pendidikan Matematika Realistik Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan matematika, 3(1).
Embong, R., Maidinsah, H., Abd Wahad, Z., Aziz, A., & Maizan, N. (2012). Pemikiran matematik orang Melayu Terengganu dalam pembentukan corak tenunan songket.
Herutomo, R. A. (2017). Miskonsepsi aljabar: konteks pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP. Journal of Basication: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 1-8.
Indarwati, I. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Timbangan Manipulatif Terhadap Kemampuan Konsep Pengukuran Pada Anak Kelompok B Di Tk Negeri Pembina Sragen.
Maftukha, N., Yustiono, Y., & Adriati, I. (2017). Visualisasi Tenun Baduy. Journal of Visual Art and Design, 9(2), 51-66.
Mardjani, Asnaini. ( 2012). Songket Sambas, Tradisi Dan Identitas. Pontianak: BPNB Pontianak.
Mulyana, E. (2003). Masalah ketidaktepatan istilah dan simbol dalam geometri SLTP Kelas 1. Makalah. FPMIPA UPI.
Nayoan, S. J., & Mandey, J. C. (2011). Transformasi sebagai Strategi Desain. Media Matrasain, 8(2).
Nurdin, E., Muhandaz, R., Fitri, I., Kurniati, A., & Irma, A. (2019). Aplikasi Refleksi Dalam Motif Tenun Melayu Riau. Seminar Nasional Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Riau 2018, pp. 107-117.
Richardo, R. (2017). Peran Ethnomatematika dalam Penerapan Pembelajaran Matematika pada Kurikulum 2013. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 118-125.
Sabilirrosyad, S. (2016). Ethnomathematics Sasak: Eksplorasi Geometri Tenun Suku Sasak Sukarara Dan Implikasinya Untuk Pembelajaran. Jurnal Tatsqif, 14(1), 49-65.
Salma, U. (2014). Profil kemampuan estimasi siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal cerita. MATHEdunesa, 3(1).
Suhendra, S., Nopriandy, F., Hidayat, A., Setiawan, B., & Munandar, M. (2018). Peningkatan Daya Saing Pengrajin Tenun Songket Di Desa Sumber Harapan, Sambas. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 2(1), 1578-1584.
Syahriannur, S. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Kain Songket Minang Kabau Untuk Mengungkap Nilai Filosofi Konsep Matematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 58-63.
Viatra, A. W., & Triyanto, S. (2014). Seni Kerajinan Songket Kampoeng Tenun di Indralaya, Palembang. Ekspresi Seni, 16(2), 168-183.
Yunus, R. (2016). Transformasi nilai-nilai budaya lokal sebagai upaya pembangunan karakter bangsa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v3i1.1307
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
VARIABEL
e-ISSN : 2599-3038
p-ISSN : 2599-302X
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
VARIABEL IS INDEXED BY
Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.