Pengaruh Model Generative Learning (GL) terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Kinematika

Sumarli Sumarli, Intan Kusumawati, Tedi Yanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Generative Learning (GL) terhadap pemahaman konsep siswa pada materi kinematika dan respon siswa terhadap Model GL yang diterapkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test – post-test design yang diterapkan pada satu kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri Singkawang. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep yang telah diuji validitasnya. Teknik analisis data untuk pengaruh Model GL terhadap pemahaman konsep siswa menggunakan MC Nemar dan angket respon siswa menggunakan persentase. Sebelum dilaksanakan penelitian, telah dilakukan uji coba. Berdasarkan hasil uji coba ditemukan bahwa rata-rata tingkat kesukaran sebesar 0,52 (sedang), daya pembeda sebesar 0,30 (cukup baik), validitas rhitung (0,44) > rtabel (0,39) dengan kategori valid dan reabilitasnya sebesar 0,737 dengan kategori tinggi. Hasil analisis data dengan uji MC Nemar test dengan taraf signifikasi sebesar 5% diperoleh χ2hitung  >  χ2tabel yaitu sebesar 4,764 > 3,841, sehingga disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak yaitu terdapat pengaruh Model GL terhadap pemahaman konsep siswa pada materi kinematika gerak lurus. Analisis respon siswa yang diukur menggunakan lembar respon diperoleh tanggapan sebesar 86% terhadap penerapan model pembelajaran Generative Learning (GL) dengan katagori baik sekali.

Keywords


Generative Learning (GL); Kinematika Gerak Lurus; Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Abriani, A., & Nursalam, N. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Fisika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Evidence Based Learning dalam Pelaksanaan Guided Inquiry. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 4(1), 40-43.

Anderson, L, W. & Krathwohl, D, R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Assessment. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Buyung, B., Nirawati, R., & Kusumawati, I. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Singkawang. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(2), 87-90.

Eva, L. M., & Kusrini, M. (2016). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Berpikir Kreatif terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).

Firmansyah, J., & Wulandari, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Generatif untuk Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Gerak Melingkar. Serambi Akademica, 4(1).

Hamdani, D., Kurniati, E., & Sakti, I. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Menggunakan Alat Peraga terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII Di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. EXACTA, 10(1), 79-88.

Irwandani & Rofiah, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Bunyi Peserta Didik MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 165-177.

Kemendikbud. (2017). Silabus Mata Pelajaran IPA Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniawati, I. D., & Diantoro, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(1).

Kusumawati, I., Kahar, M. S., Khoiri, A., & Mursidi, A. (2019) February. Differences analysis understanding the concept of students between the three islands (Java, Kalimantan, Papua) through multiple representations approaches to the material of Time Dilation. In Journal of Physics: Conference Series, 1153(1), 012145. IOP Publishing.

Ma’rifa, H. K., & Fihrin, H. (2013). Analisis Pemahaman Konsep Gerak Lurus pada Siswa SMA Negeri di Kota Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 4(3), 1-3.

Maknun, J. (2015). The implementation of Generative Learning Model on Physics Lesson to Increase Mastery Concepts and Generic Science Skills of Vocational Students. American Journal of Educational Research, 3(6), 742-748.

Malik, A., Ertikanto, C., & Suyatna, A. (2015). Deskripsi Kebutuhan HOTS Assessment pada Pembelajaran Fisika dengan Metode Inkuiri Terbimbing. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 4, SNF2015-III.

Moedjiono. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka.

Murdani, E., & Sumarli, S. (2019, February). Student learning by experiment method for analyzing the dynamic electrical circuit and its application in daily life. In Journal of Physics: Conference Series, 1153(1), 012119. IOP Publishing.

Osborne, R., & Wittrock, M. (1985). The Generative Learning Model and Its Implications for Science Education.

Restami, M. P., Suma, K., & Pujani, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explaint) terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).

Sari, P. M., & Sumarli, S. (2019). Optimalisasi Pemahaman Konsep Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Gallery Walk (Sebuah Studi Literatur). Journal of Educational Review and Research, 2(1), 69-76.

Syirlatifah, S., Haris, A., & Anis, A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 10(3).

Wijaya, I. K. W. B., Suastra, I. W., & Muderawan, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(1).

Yuliani, H., Suparmi., & Sunarno, W. 2012. Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Keterampilan Proses dengan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Kemampuan Analisis. Universitas Sebelas Maret, 1(3), 207-216.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v4i1.1253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact[email protected][email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

           


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.