Pengaruh Model Generative Learning (GL) terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Kinematika
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abriani, A., & Nursalam, N. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Mata Pelajaran Fisika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Evidence Based Learning dalam Pelaksanaan Guided Inquiry. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 4(1), 40-43.
Anderson, L, W. & Krathwohl, D, R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Assessment. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Buyung, B., Nirawati, R., & Kusumawati, I. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Singkawang. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(2), 87-90.
Eva, L. M., & Kusrini, M. (2016). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Berpikir Kreatif terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).
Firmansyah, J., & Wulandari, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Generatif untuk Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Gerak Melingkar. Serambi Akademica, 4(1).
Hamdani, D., Kurniati, E., & Sakti, I. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Menggunakan Alat Peraga terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII Di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. EXACTA, 10(1), 79-88.
Irwandani & Rofiah, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Bunyi Peserta Didik MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 165-177.
Kemendikbud. (2017). Silabus Mata Pelajaran IPA Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurniawati, I. D., & Diantoro, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(1).
Kusumawati, I., Kahar, M. S., Khoiri, A., & Mursidi, A. (2019) February. Differences analysis understanding the concept of students between the three islands (Java, Kalimantan, Papua) through multiple representations approaches to the material of Time Dilation. In Journal of Physics: Conference Series, 1153(1), 012145. IOP Publishing.
Ma’rifa, H. K., & Fihrin, H. (2013). Analisis Pemahaman Konsep Gerak Lurus pada Siswa SMA Negeri di Kota Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 4(3), 1-3.
Maknun, J. (2015). The implementation of Generative Learning Model on Physics Lesson to Increase Mastery Concepts and Generic Science Skills of Vocational Students. American Journal of Educational Research, 3(6), 742-748.
Malik, A., Ertikanto, C., & Suyatna, A. (2015). Deskripsi Kebutuhan HOTS Assessment pada Pembelajaran Fisika dengan Metode Inkuiri Terbimbing. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 4, SNF2015-III.
Moedjiono. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka.
Murdani, E., & Sumarli, S. (2019, February). Student learning by experiment method for analyzing the dynamic electrical circuit and its application in daily life. In Journal of Physics: Conference Series, 1153(1), 012119. IOP Publishing.
Osborne, R., & Wittrock, M. (1985). The Generative Learning Model and Its Implications for Science Education.
Restami, M. P., Suma, K., & Pujani, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explaint) terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).
Sari, P. M., & Sumarli, S. (2019). Optimalisasi Pemahaman Konsep Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Gallery Walk (Sebuah Studi Literatur). Journal of Educational Review and Research, 2(1), 69-76.
Syirlatifah, S., Haris, A., & Anis, A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 10(3).
Wijaya, I. K. W. B., Suastra, I. W., & Muderawan, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(1).
Yuliani, H., Suparmi., & Sunarno, W. 2012. Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Keterampilan Proses dengan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Kemampuan Analisis. Universitas Sebelas Maret, 1(3), 207-216.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v4i1.1253
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
VARIABEL
e-ISSN : 2599-3038
p-ISSN : 2599-302X
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
VARIABEL IS INDEXED BY
Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.