Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII pada Materi Pesawat Sederhana

Deski Candra, Haris Rosdianto, Eka Murdani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai peningkatan pemahaman konsep siswa setelah menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pesawat sederhana. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan bentuk penelitian pre-experiment dan rancangan one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di salah satu SMP kota Singkawang, sampel penelitian siswa kelas VIII A yang berjumlah 25 orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Alat ukur tes berupa 15 soal pilihan ganda tentang pemahaman konsep yang sebelumnya diujicobakan terlebih dahulu. Hasil analisis data test pemahaman konsep menggunakan persamaan N-gain, peningkatan pemahaman konsep siswa sebesar 0,65 dengan kategori sedang.

Keywords


Inkuiri Terbimbing; Pemahaman Konsep; Pesawat Sederhana

Full Text:

PDF

References


Affandi, Irfan. (2010). Persepsi Terhadap Pendidikan Inklusi. Skripsi. Universitas Sumatra Utara.

Ambarsari, Wiwin. (2013). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Surakarta: FKIP-UNS.

Hake, Richard R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Tersedia: www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf. pp. 81-95.

Murdani, E., & Sumarli, S. (2019). Student Learning by Experiment Method for Analyzing the Dynamic Electrical Circuit and Its Application in Daily Life. In Journal of Physics: Conference Series, 1153(1), 012119. IOP Publishing.

Murdani, E. (2018, December). Improving the Student Conceptual Understanding of the Static Fluid Material by Using the Model of Children Learning in Science. In 3rd Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2018). Atlantis Press.

Patria. (2007). Pemahaman konsep. (online). Tersedia di http://media harja.blogspot.com/2011/pemahaman-konsep.html?m=1 (Diakses pada tanggal 16-05-2016 pada pukul 21:20).

Permendiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 tahun 2006 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: CV Eko jaya.

Rosdianto, H. (2017). Students’ Conceptual Understandy through Generative Learning Model in Top “Light”. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(2), 259-262.

Rosdianto, H., Murdani, E., & Hendra. (2017). Implementasi Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 55-57.

Sardiman. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: PT raja Grafindo Persada.

Sudrajat. (2009). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Tehnik Dan Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulistyo, Basuki. (2006). metode penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v2i1.1030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact[email protected][email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

           


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.