Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kalor di Kelas X

Yulianti Yulianti, Eka Murdani, Intan Kusumawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran ARCS pada materi kalor. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk quasi eksperiment. Rancangan penelitian ini berupa non equivalent pre-test and post-test control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XD sebagai kelas kontrol, dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Motivasi belajar awal siswa diukur menggunakan angket motivasi berupa 10 pernyataan dan diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,229. Hasil belajar awal siswa diukur menggunakan alat ukur tes berupa 18 soal pilihan ganda tentang hasi belajar ranah kognitif yang sebelumnya telah diuji cobakan dengan reliabilitas 0,91 berada pada kategori sangat baik. Perbedaan motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol sebesar 5,88 berada pada kriteria tinggi. Perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol sebesar 2,738 berada pada kriteria tinggi. Pengaruh motivasi belajar siswa kelas eksperimen diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,029. Pengaruh hasil belajar siswa kelas eksperimen diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000. Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran ARCS terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa.

Keywords


ARCS; Motivasi Belajar; Hasil Belajar; Effect Size; Kalor

Full Text:

PDF

References


Ekawati, A. (2014). Pengaruh Motivasi dan Minat terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII di SMPN 13 Banjarmasin. Jurnal STKIP PGRI Banjarmasin, 9(2), 1-10.

Hamdu, G. & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12, 90-96.

Irsaf, Z. (2014). Penerapan Model ARCS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Labschool Universitas Tadulako pada Materi Sudut-Sudut Segitiga. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(2).

Maya, S. (2014). Pengaruh Strategi ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 4 Negara. Dalam e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(10).

Nurhayati, N., Fadilah, S., & Mutmainah, M. (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Berbantu Media Animasi Software Phet terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Materi Listrik Dinamis Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 4(2), 1-7.

Permendiknas. (2006). Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Qurotul, D., A’yun, Trapsilo., P, Sri W. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Multimedia Audio Visual dalam Pembelajaran Fisika di SMP. JPF (Jurnal Pembelajaran Fisika), 1(1).

Sinulingga, K., & Nadeak, J. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Bunyi di Kelas VIII SMP Negeri 3 Tebing Tinggi. Jurnal Online Pendidikan Fisika, 1(1), 37-48.

Sulistiyani. (2011). Efektivitas Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Berbantuan Alat Peraga terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik pada Pokok Bahasan Segiempat. Skripsi. Semarang: Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo. Tidak dipublikasikan.

Sumarli, S. (2018). Analisis Model Pembelajaran Tipe Think-Pair-Share Berbasis Pemecahan Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(1), 8-13.

Winaya, I. M. A. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) terhadap Hasil Belajar dengan Kovariabel Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Chis Denpasar. Tesis. Singaraja: Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Tidak dipublikasikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v2i1.1029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact[email protected][email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

           


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.