Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Minat Belajar

Yesi Sapitri, Citra Utami, Mariyam Mariyam

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi lingkaran ditinjau dari minat belajar. Metode penelitian ini merupakan penelitian  deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIE SMP Negeri 3 Singkawang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berdasarkan angket minat belajar, tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah Model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi lingkaran ditinjau dari minat belajar tinggi mempunyai rata-rata sebesar 52,34 yang berada pada kategori sedang, 2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi lingkaran ditinjau dari minat belajar sedang mempunyai rata-rata sebesar 37,08 yang berada pada kategori sedang, dan 3) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi lingkaran ditinjau dari minat belajar rendah mempunyai rata-rata sebesar 45,23 yang berada pada kategori sedang.

Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Soal Open-Ended; Minat Belajar; Lingkaran

Full Text:

PDF

References


Darojat, L. dan Kartono (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Berdasarkan AQ Dengan Learning Cycle 7E. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1): 1-8.

Farahiya, A. (2017). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa SMP Negeri 1 Sumbang Pada Materi Faktorisasi Suku Aljabar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purwekerto. Tidak Dipublikasikan.

Holidun (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelompok Matematika Ilmu Alam (MIA) dan Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) Kelas XI MAN 1 Bandar Lampung Ditinjau Dari Minat Belajar Matematika. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Tidak Dipublikasikan.

Mahmudi, A. (2008). Mengembangkan Soal Terbuka (Open-Ended Problem) dalam Pembelajaran Matematika. Makalah Seminar Nasional Matematika, 1(1): 1-11.

Nurlita, M. (2015). Pengembangan Soal Terbuka (Open-Ended Problem) Pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1): 38-49.

Purnamasari, P. D. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah I Patuk Pada Pokok Bahasan Peluang. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1(1): 1-7.

Samsiyah, N. (2014). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1): 1-8.

Sari, Y. M. (2015). Profil Kemampuan Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Materi Pecahan Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1): 1-8.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif: untuk penelitian yang bersifat eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif. Yogyakarta: Alfabeta.

Suji (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Segitiga. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 2(2): 1-9.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3): 11-21.

Tangio, N. F. (2015). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Soal Cerita Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Dikelas VII SMP Negeri 1 Tapa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1): 1-14.

Ulvah, S. dan Afriansyah (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensiona. Jurnal Riset Pendidikan, 2(2): 142-153.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v2i1.1028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publication of Scientific Journals

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact: [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

                


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.