Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Himpunan Kelas VII SMP Negeri 9 Singkawang

Vinasari Nurbayanti, Resy Nirawati, Mariyam Mariyam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi himpunan kelas VII SMP Negeri 9 Singkawang. Penelitian ini merupakan penelitian true experiment dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Singkawang, dan ditentukan dengan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TGT, dan VII B sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen atau teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan pemahaman konsep, lembar pengamatan aktivitas dan angket motivasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui perbedaan peningkatan pemahaman konsep matematis siswa di kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu dengan mrenggunakan uji-t, untuk mengetahui aktivitas siswa yaitu dengan menggunakan persentase aktivitas siswa per indikator dan untuk mengetahui motivasi belajar siswa menggunakan rata-rata dari skor angket yang diberikan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dan dianalisis menggunakan uji-t dua sampel diperoleh = 16,44, sedangkan  5% dengan dk = 54 adalah 2,00 sehingga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments lebih efektif dibanding kelas yang menggunakan pembelajaran langsung. Aktivitas siswa diperoleh rata-rata sebesar 80,26%, dengan kategori aktif dan motivasi belajar siswa diperoleh rata-rata sebesar 74,17 dengan kategori tinggi.

Keywords


Pembelajaran Kooperatif; Teams Games Tournaments; Pemahaman Konsep Matematis; Himpunan

Full Text:

PDF

References


Astriana, M. Murdani, E. dan Mariyam. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi Operasi Bilangan Pecahan. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 2(1): 27-31.

Hendriana, H. dan Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Isrotun, U. (2014). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Penerapan Pembelajaran Realistik. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tidak Dipublikasikan.

Jihad, A. dan Haris, A. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kirana, A. (2013). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. 2(2).

Nuha, A. (2009). Penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam materi pokok logaritma guna meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik kelas X A MAN Semarang 2 Semester Gasal Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi. Institut Agama Negeri Walisongo. Tidak Dipublikasikan.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v2i1.1027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publication of Scientific Journals

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact: [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

                      


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.