Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Persamaan Lingkaran di Kelas XI IPA

Ani Trianingsih, Nurul Husna, Nindy Citroresmi Prihatiningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning pada materi persamaan lingkaran di kelas XI IPA SMA Negeri 5 Singkawang. Penelitian ini menggunakan desain Pre-Eksperimental dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas XI IPA SMA Negeri 5 Singkawang yang berjumlah 20 orang siswa. Adapun teknik pengambilan sampelnya dengan Non probability Sampling yaitu sampling jenuh. Karena kelas XI IPA hanya ada satu kelas di SMA Negeri 5, maka sampelnya juga seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 20 orang siswa. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan uji statistik yaitu sampel paired test. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa sebesar 2,36%. Lembar observasi aktivitas belajar siswa dengan model discovery learning menggunakan perhitungan persentase frekuensi aktivitas. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa, dimana pada pertemuan pertama diperoleh persentasenya sebesar 76,88% dan pertemuan kedua sebesar 79,37% dengan kriteria sangat aktif. Analisis lembar observasi keterlaksanaan model discovery learning menggunakan perhitungan persentase frekuensi keterlaksanaan. Hasil analisis lembar observasi keterlaksanaan model discovery learning diperoleh persentasenya sebesar 82,63% dengan kriteria sangat baik.

Keywords


Discovery Learning; Pemahaman Konsep Matematis; Aktivitas Siswa

Full Text:

PDF

References


Ahmad, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Materi Trigonometri melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik pada Kelas X SMA Negeri 11 Makassar. Jurnal Daya Matematis, 3(3), 299-307.

Alex, M.A., & Olubusuyi, M.F. (2013). Guided-discovery Learning Strategy and Senior School Students Performance in Mathematics in Ejigbo, Nigeria. Journal of Education and Practice, 4(12), 82-90.

Arinawati, E. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar. Artikel Penelitian. Surakarta: PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Asnita, Y. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Menggunakan True or False Statement Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTsN Tanjung Balit Kabupaten Solok. Artikel Penelitian. Padang: STKIP PGRI Sumatera Barat.

Alfiana, F. (2015). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Binangun pada Materi Bilangan Bulat. Artikel Penelitian. Purwokerto: Universitas Muhammadiah Purwokerto.

Jihad, & Asep. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kamariah, N. Hudiono, B. & Yani, A. (2013). Pemahaman Konseptual Matematis Siswa pada Materi Kubus di Kelas XI SMPS Bumi Khatulistiwa. Artikel Penelitian. Pontianak: FKIP Untan.

Kemendikbud. (2013). Pendekatan dan Strategi Pembelajaran SD/SMP/SMA/SMK. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud.

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (2000). Principles Standars For School Mathematics, Virginia: Reston.

Permendiknas. (2006). Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendiknas.

Permendikbud. (2013).Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 65 Tahun 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Supriyanto, B. (2014). Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran. Artikel Penelitian. Jember.

Sutrisno, J. (2014). Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Alat Peraga Persegi Pythagoras terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Artikel Penelitian. Purwokerto:UM Purwokerto.

Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v2i1.1026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publication of Scientific Journals

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact: [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

                      


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.